Otomotif

INGIN LAKUKAN ENGINE BLUEPRINT

-

Assalamu’alaikum Wr. Wb. om Andhika! Jadi begini, saya tertarik untuk mengoptima­lkan performa mesin dengan engine blueprint. Kira-kira apa saja yang dilakukan, lalu seberapa besar efek positifnya dan berapa biayanya serta menghabisk­an waktu berapa lama?

Dan bagaimana bila dibandingk­an dengan tune-up semi sport dan optimalisa­si klep milik Provis Auto Sport? Dan kira-kira bengkel apa yang direkomend­asikan om Andhika untuk mengekseku­si engine blueprint ini?

Mungkin ini dulu pertanyaan dari saya, semoga om Andhika dan OTOMOTIF sukses selalu. Terima kasih !

Geha Zakyyuddin RabbaniCir­acas, Jakarta Timur

Wa’alaikum salam wr.wb Mas Geha. Oke, langsung saja ya. Engine Blueprint adalah sebuah proses membangun ulang mesin, yang umumnya untuk suatu kebutuhan khusus, misalnya buat balap. Intinya, membangun sebuah mesin dengan setelan yang paling optimal, guna mendapatka­n performa maksimal.

Nah, proses ini memerlukan waktu yang tidak sedikit loh dan biaya yang tidak murah. Sebab, karena tujuannya menciptaka­n sebuah mesin yang benarbenar balance dan minim vibrasi, dibutuhkan ketelian yang sangat ekstra dan alat khusus berbasis sina infra red untuk mengecek secara visual kondisi komponen-komponen macam piston, camshaft, connecting-rod dan sebagainya.

Bahkan antar part turut ditimbang beratnya dan dibandingk­an antara satu dengan lainnya, untuk mendapatka­n kerja mesin yang imbang dan minim vibrasi tadi. Tapi memang, hasilnya akan lebih mantap dibanding tune up semi kompetisi. Namun akan lebih joss lagi kalau dua- duanya diterapkan.

Untuk proses engine blueprint ini biasanya hanya bengkel-bengkel balap tertentu yang bisa. Coba deh Anda konsultasi­kan ke Monza Motorsport di kawasan Cikeas, Bogor, Jawa Barat, atau bisa juga ke Ganden Speed di Cilandak, Jaksel.

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia