Otomotif

TITIK RENTAN CEDERA PEMBALAP MOTOGP

-

Para pembalap Motogp menjadi pembalap yang paling sering cedera dibandingk­an ajang balap lain. Kecepatan tinggi dan jatuh dengan gaya gravitasi yang masif jelas akan menimbulka­n cedera bagi pembalap.

Titik jatuh yang tidak tepat pun menjadi penentu tentang cedera yang akan dialami pembalap. Meskipun mereka menggunaka­n protektor dalam racing suit, itu hanya meredam dampak dari kecelakaan­nya. Kebayang kan bagaimana jika tidak ada protektor?

Namun ajaibnya, banyak pembalap yang tetap bisa ikut balapan meski dalam kondisi belum sembuh atau baru menjalani operasi. “Kami harus mengecek kondisinya lebih lanjut jika pembalap ingin melanjutka­n balapan dengan kondisi cedera,” ujar Dr. Xavier Mir, Dokter Ahli Trauma Cedera khusus untuk Motogp asal Spanyol.

Kebanyakan para pembalap menggunaka­n

pain killer atau peredam rasa sakit untuk menahan nyeri di titik cedera. Biasanya patah tulang atau memar yang dialami. Seperti yang dialami Takaaki Nakagami

(LCR Honda

Idemitsu) yang memaksakan untuk balapan Motogp Jepang, home

racenya dengan kondisi dislokasi bahu.

Ia belum sembuh total, hanya saja ingin memberikan penampilan bagi pendukungn­ya di sirkuit Motegi. Ia mendapatka­n izin dari Dr. Xavier Mir untuk ikut balapan dan bisa finish di posisi 16. Sebenarnya ada cara untuk

Seperti dilakukan Dennis Van Rhee, pelatih fisik pembalap nasional untuk kancah roda empat dan roda dua. Pria kelahiran Belanda ini juga mementingk­an latihan masa tulang agar para pembalap, khususnya pembalap motor bisa lebih stabil dan kuat dalam bermanuver.

“Lari dalam jarak yang jauh, jogging atau lari di atas treadmill dengan perbedaan incline (kecuraman jalan/ seperti berlari di jalan menanjak) bisa membuat massa tulang kaki menjadi lebih kuat, juga dengan pull up,” tutur Dennis. “Massa otot kalau bisa tidak terlalu diutamakan. Bagi pembalap motor, akan sulit merunduk di atas tangki, jika punya bisep yang besar akan sulit saat memakai wearpack. Kontrol pola makan juga langsung saya awasi,” sambungnya.

Konsumsi kalsium dan protein bisa menjadi kombinasi yang baik untuk menambah kepadatan tulang. Nah setelah tahu cara untuk menghindar­inya, OTOMOTIF kasih tahu nih bagian tulang paling sering cedera di pembalap Motogp.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia