Otomotif

ALVIN DELAPAN KALI JUARA NASIONAL

-

Bersama Honda, Alvin Bahar, andalan Honda Racing Indonesia kembali meraih juara nasional turing kelas ITCR Max 2019. Ini merupakan gelar juara nasional Alvin ke-8 selama kariernya di pentas balap turing.

Tidak seperti biasanya, Alvin baru bisa ‘bernafas lega’ dan memastikan diri meraih juara nasional pada Jumat sore (13/12). Beberapa hari sebelum digelarnya penghargaa­n IMI Award (18/12).

Hal ini disebabkan belum diputuskan­nya secara tuntas mengenai kasus yang menimpa seterunya, Haridarma Manoppo dari Toyota Team Indonesia ( TTI)–TRD. Seperti diketahui, Hari, panggilann­ya bersama beberapa pembalap Toyota lainnya dikenakan sanksi karena dinyatakan melanggar aturan teknis sesaat setelah menyelesai­kan lomba turing malam hari (putaran 4).

Polemik semakin lama karena ternyata point yang telah diraih oleh Hari pada putaran 1 hingga 3 tidak dihapuskan. Padahal secara aturan ‘buku merah’ jika ada pelanggara­n teknis, point yang telah diraih harus dihapuskan.

Sampai akhirnya ada keputusan final dari pihak PP IMI yang menyatakan kalau point Hari dihapus mulai dari seri 1 hingga 4 saat terjadi pelanggara­n. Surat yang ditandatan­gi oleh Ketua Umum PP IMI, Sadikin Aksa tersebut bertanggal 10 Desember 2019.

Dengan penghapusa­n tersebut jelas Alvin yang berhak meraih gelar juara nasional karena pointnya tetap utuh.

“Alhamdulil­ah bisa juara nasional lagi. Tahun yang berat untuk persaingan. Kita ada pengembang­an di pertengaha­n tahun jadi memang kurang bisa maksimal sejak awal,” sebut Alvin.

Mengenai status juara nasional yang diraihnya, disebut kalau dirinya hanya menunggu keputusan dari IMI saja. “Sebenarnya sudah merasa ketika keluar keputusan panel banding. Ditambah banyak pertanyaan mengenai keputusan tersebut dari banyak pihak. Tapi gue tetap menunggu keputusan dari PP IMI saja yang benar-benar sah,” jelasnya.

Meski sudah meraih juara nasional 2019, Alvin menyebut kalau 2020 bukanlah tahun yang akan mudah juga. “Persaingan akan tetap sengit. Tapi kita sudah ketemu masalahnya. Jadi, untuk musim lomba 2020, targetnya kita akan sapu bersih semua seri,” sebut pembalap yang pernah mencicipi ajang Formula Asia ini.

Untuk TTI-TRD jelas tidak akan tinggal diam untuk musim 2020. Persiapan jelas akan lebih maksimal. •

 ??  ?? FOTO: ISTIMEWA
FOTO: ISTIMEWA
 ??  ?? Alvin Bahar berhak menyandang gelar juara nasional ke-8
Alvin Bahar berhak menyandang gelar juara nasional ke-8

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia