Otomotif

NEW YAMAHA YZF-R1

-

Jika dilihat sekilas, perubahan terbesar ada di bagian bodi yang kini lebih ‘lancip’. Mirip dengan New Yamaha YZF-R6 yang sudah keluar lebih dulu. Bagian bodi ini berpengaru­h pada aerodinami­ka motor yang membuat motor melaju lebih cepat sekitar 5% dari model lama.

“Saya sudah mencobanya di Jerez (Spanyol) dan bodi baru ini sangat berpengaru­h untuk menambah kecepatan. Meski untuk pembalap tinggi seperti saya, butuh bodi motor yang lebih besar agar ideal,” tutur pembalap PATA Yamaha WSBK, Michael Van Der Mark kepada

OTOMOTIF.

Pada tes di Jerez itu, PATA

Yamaha WSBK selaku tim pabrikan baru mencari data dasar untuk riset selanjutny­a di Januari mendatang. Sehingga, kebanyakan parts yang digunakan masih komponen standar, kecuali suspensi yang sudah pakai Ohlins, karena OEM dari New Yamaha YZF-R1 menggunaka­n KYB. Ban sudah pakai Pirelli Super Corsa sesuai homologasi WSBK dan juga menggunaka­n bodi karbon yang membuatnya lebih ringan. “Karena tidak banyak ubahan, jadi banyak setup dari motor lama yang jelas akan digunakan pada motor baru,” jelasnya. Jika sudah memakai spesifikas­i WSBK, maka tenaga yang dikeluarka­n bisa mencapai 212 dk dengan top speed sekitar 300 km/jam. Itu baru perkiraan, sebab hasil aslinya baru akan terlihat pada tes Januari mendatang.

“Tahun depan, kami akan mendapatka­n kombinasi pembalap baru (Michael Van Der Mark dan Toprak Razgatliog­lu) juga dengan motor baru yang akan lebih kompetitif. Musim depan akan menjadi musim dengan tantangan baru bagi kami karena semua pabrikan menyiapkan ‘senjata’ baru mereka,” ucap Andrea Dosoli, Manager Road Racing Yamaha Motor Eropa.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia