Otomotif

CABOR BALAP DI PON 2020

-

Selain Kejuaraan Nasional (Kejurnas) yang ramai di tahun ini, jangan lupakan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan diselengga­rakan di Papua dan Papua Barat (20/10-2/11). Cabang olahraga (cabor) bermotor tahun ini tetap diselengga­rakan, meski penuh pertanyaan.

Pada PON Jabar 2016 lalu, hanya road race yang menjadi cabor bermotor. Lalu pada 2017 mulai bergulir wacana kelas auto gymkhana dan motocross. Rancangan seleksi untuk PRA-PON pun dimulai untuk ketiga cabor bermotor ini.

Pertengaha­n 2019, ketiga cabor ini menyelesai­kan PRA-PON dan menentukan siapa saja atlet dari perwakilan provinsi mana saja yang layak maju. Namun sampai akhir 2019, kabar batalnya digelar cabor auto gymkhana mulai menyeruak.

“Buat PON 2020 nanti kelas auto gymkhana dipastikan batal. Tidak ada lokasi yang mumpuni juga dukungan mobil yang bisa memenuhi jumlah semua peserta. Padahal kalau dari segi lokasi, hanya butuh trek selebar jalan 10-12 meter, lokasi paddock yang layak dan jalur evakuasi,” papar Arce Meyer, selaku Anggota Komisi Auto Gymkhana IMI Pusat.

RODA DUA

Setelah kompetisi roda empat dinyatakan tidak terselengg­ara di PON tahun ini, maka tinggal cabor road race dan motocross saja. Untuk road race, menunggu selesainya sirkuit yang dibangun di Papua Barat sejak awal 2019.

“Road race kita belum bisa memastikan akan terselengg­ara di PON atau tidak. Sekarang sirkuitnya sedang dikebut pembanguna­nnya, kan enggak mungkin menyelengg­arakan PON tapi di sirkuit non-permanen, sementara Kejurnasny­a saja semua sudah di sirkuit permanen,” kata Sadikin Aksa, Ketua Umum PP IMI.

“Pembanguna­nnya sekarang sedang dikebut sampai Oktober nanti, kalau bisa selesai sebulan sebelum itu, cabor road race bisa tetap ada di PON. Untuk itu tetap ada pra-pon road race di Sentul (Jabar) September kemarin,” lanjut Ikin, sapaannya.

Motocross juga melakukan PRA-PON pada September lalu dan ini adalah satu-satunya cabor bermotor yang sudah pasti terselengg­ara. Pasalnya sirkuit motocross yang layak cukup mudah dibangun di Papua, karena hanya butuh tanah luas dan karakter tanah yang tidak mudah lunak. Namun saat road race hampir dipastikan menggunaka­n Yamaha Mx-king sebagai motor wajibnya, motocross belum diketahui motor merek apa yang digunakan. Informasi dari para crosser, PON nanti akan menggunaka­n motor pribadi dengan regulasi teknis yang disetaraka­n.

 ?? RIZKY ??
RIZKY
 ?? DAB ?? Kejurnas Auto Gymkhana U-23 seharusnya menjadi acuan yang sama untuk PON 2020
DAB Kejurnas Auto Gymkhana U-23 seharusnya menjadi acuan yang sama untuk PON 2020
 ?? DAB ?? Motocross jadi cabor bermotor yang sudah pasti diselengga­rakan
DAB Motocross jadi cabor bermotor yang sudah pasti diselengga­rakan

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia