Otomotif

SUNTIK FORMULA SILVER & COOPER

- DIC

Bagi penyuka sound quality, suara jernih, tajam dan kuat pada setiap instrumen musik yang dihasilkan dari head unit mobil kesayangan, merupakan pencapaian yang sangat diidamidam­kan. Nah, biasanya untuk mendapatka­n semua itu, mereka rela menebus peranti audio hi end yang banderolny­a cukup menguras isi dompet.

Padahal, ada beberapa hal yang bisa ditempuh untuk memaksimal­kan perangkat audio yang ada. Seperti yang dilakukan Indra Santoso pada Honda City miliknya. “Gue cuma nambah tweeter doang loh. Head unit dan speaker lain masih standar, dan tidak pakai power. Tapi coba dengerin suaranya,” ajak Indra pada OTOMOTIF.

Benar saja, ketika mendengar beberapa alunan musik dari CD yang ada di kabin City miik Indra, kami cukup terpukau dengan suara yang dihasilkan. Benar-benar jernih dan tajam, setiap instrumen musik, baik vokal hingga bunyi alat musik terdengar jelas. Bahkan nada rendahnya pun terdengar cukup kuat. Padahal Indra tidak memakai subwoofer loh!

Apa rahasianya? “Sebenarnya dari sini (audio, red) lah formula Accentwire (AW) lahir,”beber founder Acentwire ini. Yup, ubahan yang dilakukan Indra terfokus pada media pengantar arus yang menuju speaker. “Kabel speaker-nya gue suntik formula AW. Ini juga bisa diterapkan pada power amplifier,” bilangnya.

Nah, untuk membuktika­nnya, Indra mempraktik­annya pada sebuah power amplifier berharga murah buatan Cina. “Pada input audionya, dari jack menuju PCB gue ganti pakai kabel formula AW,” tutur Indra.

Jadi, media penghantar dari jack menuju rangkaian PCB yang semula dari pelat besi, dipotong oleh Indra, lalu diganti pakai kabel ramuan AW. “Gue sambung pakai serat kabel silver, lalu disambung lagi dengan serat kabel tembaga atau cooper,” jelasnya.

Tujuannya? “Kedua bahan ini merupakan formula yang sangat baik dalam menghantar arus. Namun materialny­a juga gue pakai yang bagus. Rata-rata kabel-kabel untuk audio mobil yang kelasnya hi end, pakai material ini,” tukasnya lagi.

Tak hanya bagian input yang disuntik formula AW, “Ouput juga gue terapkan hal yang sama. Namun dengan racikan kabel yang berbeda. Ada yang pakai 3 macam serat kabel, silver – tembaga – silver,” beber Indra.

Kemudian kumparan trafo di tengah PCB dibungkus pakai karet khusus, “Tujuannya untuk meredam gelombang elektromag­netik yang dihasilkan trafo, agar tidak mempengaru­hi komponen elektronik lainnya,” ujar pemukim di kawasan Srengseng, Jakarta Barat ini.

Sebagai pamungkas, ia menambahka­n formula AW Select untuk memperkuat massa power. Hasilnya ketika dijajal menggunaka­n speaker rumah biasa, sadis euy! Semua instrumen musik yang diputar, terdengar sangat detail dan jernih.

“Ini belum sama upgrade speaker loh, baru power-nya doang. Speaker standar pun bisa diupgrade untuk dapatkan suara yang lebih mantap,” tukasnya. •

 ??  ?? Kumparan trafo dibungkus karet tahan panas, agar gelombang elektroman­etiknya tidak mengganggi komponen lain
Kumparan trafo dibungkus karet tahan panas, agar gelombang elektroman­etiknya tidak mengganggi komponen lain
 ??  ?? Power murah meriah, disulap bisa hasilkan suara mewah
Power murah meriah, disulap bisa hasilkan suara mewah
 ??  ?? Kabel warna biru yang melintang adalah formula AW Select untuk memperkuat massa power
Kabel warna biru yang melintang adalah formula AW Select untuk memperkuat massa power
 ??  ?? Serat kabel silver sifatnya cepat menghantar arus
Serat kabel silver sifatnya cepat menghantar arus
 ??  ?? Formula AW Select, menggabung­kan dua macam kabel plus ada tambahan capacitor
Formula AW Select, menggabung­kan dua macam kabel plus ada tambahan capacitor
 ??  ?? Penghantar dari jack input audio maupun output, diganti pakai kebel ramuan AW
Penghantar dari jack input audio maupun output, diganti pakai kebel ramuan AW

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia