Otomotif

PERFORMA

-

Benelli 502C menggendon­g mesin 2 silinder segaris DOHC 8 katup berpending­in cairan. Memiliki kapasitas bersih 499,6 cc dengan rasio kompresi 11,5:1. Dilengkapi sistem electronic fuel injection berdiamete­r throttle body 37 mm.

Mesin ini menghasilk­an tenaga maksimal 47,6 dk/8.500 rpm dan torsi 45 Nm/5.000 rpm. Plus sudah lolos Euro4. Mesin ini juga identik dengan yang diusung Leoncino 500 dan TRK 502.

Torsi puncak didapat di putaran mesin yang relatif rendah. Buka gas sedikit motor

langsung melaju tanpa jeda. Namun enaknya, penyaluran tenaganya terasa smooth bukan yang mengagetka­n, jadi enak dibawa jalan santai.

Kalau butuh akselerasi instan, tinggal buka gas lebih besar hingga putaran mesin mencapai redline di sekitar 9.500 rpm. Motor pun langsung melesat.

Dari hasil pengukuran akselerasi pakai Racelogic memang cukup lumayan, terutama tarikan awal 0-60 km/jam yang hanya butuh waktu 2,9 detik. Sedang 0-100 km/jam 6,8 detik. Data akselerasi lebih lengkap dapat Anda simak pada tabel.

Hanya saja, bagi speed freak atau pencinta kecepatan, respons 502C di putaran atas tergolong biasa saja malah mungkin ada yang menganggap cenderung terlalu kalem..

Well memang motor ini dirancang untuk cruising dalam jalan panjang sembari menikmati perjalanan, bukan untuk mengejar waktu terbaik di sirkuit. Jadi cukup duduk dengan tenang dan nyaman sembari menikmati kehalusan tenaga dari mesin 2 silinderny­a. Plus bonus suara ala mesin 4 slinder khas Benelli berkat penggunaka­n crankshaft 360 derajat yang bikin nagih muter grip gas!

Catatan lain, perpindaha­n gigi di 502C lumayan keras, jadi resiko merusak sepatu. Kopling yang masih menggunaka­n kabel juga cukup berat. Jari jadi berasa fitness kalau sedang macetmacet­an.

Oiya pada posisi gigi lima bisa meraih kecepatan 154 km/jam pada spidometer, sedang di Racelogic tertera 136,8 km/jam. Berarti ada deviasi 17,2 km/jam atau 12,5%.

 ??  ?? Tangkinya besar dan lebar, bisa muat bensin 21 liter!
Tangkinya besar dan lebar, bisa muat bensin 21 liter!
 ??  ?? Karakter mesinnya punya torsi yang merata dan suara merdu
Karakter mesinnya punya torsi yang merata dan suara merdu
 ??  ?? Jok belakang pendek banget kan? Seakan tak bisa berbonceng­an
Jok belakang pendek banget kan? Seakan tak bisa berbonceng­an
 ??  ?? Suspensi belakang empuk banget, buat santai sih nyaman
Suspensi belakang empuk banget, buat santai sih nyaman

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia