Otomotif

MAKIN KEREN & SPORTY

- Fajrin

Tampilan Suzuki Nex II memang lebih sporty dan futuristis dibanding generasi sebelumnya. Tetapi, bagi modifikato­r seperti Eka Ristiana, Nex II tetap butuh sentuhan modifikasi. Katanya biar makin keren dan sporty saat ditunggang­i istri tercinta; Cathy Ristiana.

Ubahan yang dilakukan Eka ialah mengganti sok depan bawaan dengan model upside down lansiran NUI Racing (Gbr.1). Pemasangan suspensi pada segitiga bawaan motor tak ada kendala, karena ukuran diameter tabung yang terpasang di segitiga sama.

“Namun, sebelum pelek dipasang mesti bubut terlebih dahulu bottom sok sebelah kiri sekitar 5 mm, agar tidak bertabraka­n dengan baut disc brake (Gbr.2). Perlu juga papas gearbox spidometer sekitar 5 mm agar roda bisa terpasang (Gbr.3),” wanti Eka yang juga pemilik bengkel Saiisoku.

Oleh Eka, sistem pengereman depan juga sekalian di-upgrade. “Disc ganti dengan yang lebih besar, dari 190 mm jadi 220 mm, bisa pakai punya Skywave 125, Shogun 125 atau Spin yang model datar dengan empat lubang baut (Gbr.4),” ungkap Eka. Selain disc, kaliper juga diganti pakai Brembo dua piston (Gbr.5).

“Setelah upside down dan pelek terpasang sempurna, lanjut buat braket kaliper dengan bahan pelat besi tebal 6 mm (Gbr.6),” beber Eka yang bermarkas di Jl. H. Mawar, Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Tampil lebih keren dan sporty kan hasilnya? Mau ikutan ganti? Eka menawarkan harga paketan untuk upside down, disc brake dan kaliper Rp 2,5 juta saja. Sikat! •

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia