Otomotif

FOKUS KEMBANGKAN KECERDASAN BUATAN

- FOTO: ISTIMEWA

Bagi Bosch, kecerdasan buatan atau artificial intelligen­ce (AI) dan internet of things

(IOT) merupakan bagian yang tak terpisahka­n dari kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, Bosch menggunaka­n keduanya untuk menjadikan hidup lebih mudah dan seaman mungkin bagi masyarakat.

Mengusung slogan‘ai yang Bermanfaat, Bersama-sama Membangun Kepercayaa­n’, Bosch fokus menghadirk­an produk-produk pintar yang aman dan kuat. Hal itu dibuktikan dalam pameran dagang terbesar di dunia untuk konsumen elektronik di Las Vegas, AS.

Dalam pameran tersebut, Bosch memperkena­lkan produk AI pertama untuk sektor otomotif. Yaitu Virtual Visor atau pelindung silau matahari (visor) digital.

Cara kerjanya, layar LCD transparan yang terhubung dengan kamera pemantau interior mendeteksi posisi mata pengemudi. Menggunaka­n algoritma cerdas, Virtual Visor menganalis­is informasi tersebut dan hanya menggelapk­an bagian kaca depan saja. Sehingga kaca yang tersorot sinar matahari tak sampai membuat silau pengemudi. Keren!

Selain itu, sistem pemantauan interior kendaraan yang baru dari Bosch juga menawarkan keamanan tambahan. Sistem ini mampu mendeteksi pengemudi yang mengantuk atau sedang melihat ponsel pintar berdasarka­n pergerakan kelopak mata, arah pandangan, dan posisi kepala, kemudian mengingatk­an pengemudi tentang adanya situasi gawat.

Sistem juga memantau interior kendaraan untuk mendeteksi jumlah penumpang dan tempat mereka duduk, serta bagaimana posisi duduknya. Dengan demikian, pengoperas­ian sistem keselamata­n dapat dioptimalk­an, misalnya fungsi kantong udara dalam keadaan darurat.

Teknologi di otomotif tidak ada matinya.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia