Otomotif

BERBURU VIN 2019

- R. PANJI MAULANA Editor in Chief panjioto@gmail.com

Dua bulan pertama setiap tahun umumnya menjadi momen yang ditunggu-tunggu bagi sebagian besar pencinta otomotif. Terutama bagi penikmat atau peburu diskon mobil baru.

Ya, biasanya dealer-dealer mobil baru sedang ‘cuci gudang’ alias ngabisin stok model tahun sebelumnya. Ditandai dengan VIN (Vehicle Identifica­tion Number) tahun 2019 contoh di saat ini. Karena ngabisin stok, sudah tentu besar diskon unitnya pun sangat menggoda. Pasalnya lebih besar dari biasanya (baca halaman 4). Nah, di saat inilah waktu yang tepat untuk beli mobil baru.

Keuntungan beli mobil VIN 2019, jelas dapat potongan harga lebih besar, bahkan bisa mendapatka­n promo-promo awal tahun lainnya yang ‘menempel’ pada mobil, seperti penambahan aksesori, DP ringan dan sebagainya.

Namun bagi sebagian orang, tidak worthed. Karena mereka harus berburu ke beberapa dealer untuk mencari stok yang tersedia. Maklum sangat terbatas!

Kedua, waktu pemakaian jadi berkurang. Anggap saja beli Februari 2020, tapi mobil keluaran November atau Desember 2020. Artinya, ada selisih 2-3 bulan yang ditakutkan akan berpengaru­h ke harga jual kembali. Pilihan ada di tangan Anda. Mau dapat diskon gede (saat ini) atau mikir nanti dijualnya gimana?

Dari dunia balap Motogp, timtim pabrikan dan satelit sebagian besar sudah diperkenal­kan ke publik, baik rider maupun tunggangan­nya. Cukup menarik kalau melihat target dan persiapan untuk musim ini. Buka halaman 20-22 deh Sob!

Masih di balap, tarik ulur Formula E Jakarta akhirnya diputuskan kembali ke Monas meski sempat ditolak oleh Pemerintah Pusat. Namun dengan waktu yang mepet ke tanggal 6 Juni penyelengg­araan, apakah keburu? Hmmm... •

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia