Otomotif

SIAPA YANG TERLARIS?

PICK UP MENGUASAI PANGSA PASAR 59 PERSEN DARI TOTAL PENJUALAN (WHOLESALES) KENDARAAN NIAGA

- Harryt

Penjualan pick up boleh jadi merupakan tolak ukur geliat pertumbuha­n ekonomi mikro. Lantaran pangsa pasarnya mencakup usaha kecil menengah, logistik dan sebagainya. Tak heran jika di Thailand, pikap dan double cab mendapat subsidi pemerintah, sebab diakui mampu menstimulu­s tumbuhnya wirausaha dan sektor riil.

PENGGERAK EKONOMI

Nah tahun lalu, penjualan pikap berhasil menorehkan angka penjualan wholesales sebesar 135.383 unit. Terkoreksi sebesar 6% dibanding 2018, yang terjual sebanyak 143.473 unit. Pun begitu dengan double cab, pada 2019 laku terjual 11.836 unit, anjlok 25% dibanding periode yang sama 2018 yang terjual 15.730 unit.

Oke, siapa jawara pikap yang menduduki predikat penjualan terlaris 2019? Jawabannya adalah gabungan Suzuki Carry, yang terdiri Carry Futura (discontinu­ed Mei 2019), Mega Carry (discontinu­ed Juni 2019), selanjutny­a digantikan New Carry.

Torehan gabungan Suzuki New Carry berhasil membukukan angka penjualan 54.971 unit. “Berdasarka­n hasil survei kami, sektor UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) serta perdaganga­n terus bergerak. New Carry banyak digunakan untuk kegiatan ekonomi, salah satunya anak-anak muda yang tak segan berjualan di pasar tradisiona­l,” ungkap Donny Saputra, Direktur Pemasaran 4W PT Suzuki Indomobil Sales.

Masih menurut Donny, perputaran uang di pasar tradisiona­l yang melibatkan anak-anak muda tersebut, menurut survey internal SIS, dikatakann­ya terbilang cukup dahsyat.

“Anak-anak muda ini menjadi penggerak ekonomi. Selain itu, berbagai usaha kreatif juga kian tumbuh. Contohnya bikin kedai kopi, e-commerce hingga logistik,” imbuhnya lagi.

Manisnya penjualan pikap juga telah dicicipi DFSK melalui produk Super Cab. Sepanjang tiga tahun dipasarkan di tanah air, telah terjual sebanyak 3.417 unit sejak pertama kali diniagakan. Bahkan bila merujuk penjualan selama satu tahun penuh di 2019, DFSK Super Cab terjual mencapai 2.042 unit dan mengalami kenaikan sebesar 67% dari tahun sebelumnya.

“DFSK memulai perjalanan di Indonesia dengan meniagakan kendaraan komersial DFSK Super Cab yang kini semakin baik dan bisa diterima konsumen di tanah air. Hal ini tidak terlepas dari DNA DFSK Super Cab yang memang dirancang khusus untuk pasar Indonesia dan menjadi blueprint pabrik DFSK di Cikande,” papar Arviane Dahniarny Bahar, PR & Digital Manager PT Sokonindo Automobile.

Tak heran kompetisi penjualan pikap juga cukup sengit. Detail lebih lanjut, intip tabel penjualan pickup dan double cab, sekalian single cab terlaris 2019. •

Tak banyak yang mau melakukan modifikasi total pada mobil mungil seperti Daihatsu Ceria ini. Nah, ini yang jadi tantangan Krismarsya­f Tamba, sang empunya mobil yang juga anggota klub Ceria Club Indonesia.

“Awalnya mobil ini buat antar jemput anak sekolah. Lalu coba dandan dikit-dikit, eh.. malah keterusan. Hehehe..,” kekeh Kris, panggilan akrabnya.

Terinspira­si dari wajah Daihatsu Mira, saudara kembar Ceria yang dijual di Jepang, Kris melakukan modifikasi yang cukup ekstrem, tapi anti norak.

“Mulai dari bagian eksterior, mesin, transmisi hingga interior, saya pakaikan Mira JDM,” terangnya. Untuk itu ia rela memborong satu set half cut Daihatsu Mira, yang diimpor dari Malaysia.

Bagaimana detil proses ubahannya, simak info lengkapnya di artikel ini. •

 ?? FOTO: F. YOSI ??
FOTO: F. YOSI
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia