Otomotif

MAKIN AKSI ALA DX GT

- Kyn

Mobil retro memang masih banyak penggemarn­ya hingga saat ini. Salah satunya adalah Toyota

Corolla DX.

Nah, salah satu penggemarn­ya adalah Eka Putra.“buat saya Corolla DX adalah nostalgia ketika saya muda dulu. Makanya sekarang harus punya lagi,”ucap Kabul, sapaan akrabnya. Sebenarnya ini juga bukan satu-satunya Corolla DX miliknya loh!

Ketika masih‘bahan’, mobil ini langsung direstoras­i agar segar kembali. Seluruh karat dihilangka­n dan semua karet-karet diganti orisinal, lampulampu juga diganti nih! Kemudian sekujur bodi dicat warna silver metalik di bengkel Anda di Pamulang.“warna aslinya DX ini dari baru memang silver lho!”bisiknya.

Mumpung lagi restorasi, sekalian saja bumper depan belakang diganti pakai punya DX GT, berikut spion tanduk elektrikny­a.“kalau lampu depan, frame dan grill pakai punya DX versi Usdm,”ucapnya. O ya, ducktail Viola pun juga sudah terpasang rapi di bagasi.

Kemudian untuk pelek, pemukim di BSD ini memilih pelek OEM Toyota

Celica 14 inci yang termasuk langka. Kaki-kakinya juga diganti dengan sokbreker TRD dan gardan pakai punya DX GT plus LSD. “Lebih enak digebernya kalau pakai gardannya DX GT, hehehe..,” kekehnya.

Mesin pun ternyata sudah tak standar nih.“saya ganti pakai mesin 7K-E yang sudah injection. Kem-nya pakai Kangaroo durasi 70, dan exhaust system dimodif biar lebih enak,” jelas Kabul.

Tak hanya itu, girboks juga turut diganti punya Toyota Cressida. “Kopel mesti potong sekitar 2 cm dan dibalans ulang. Sekarang tarikannya jadi lebih panjang pakai girboks ini,”aku pria ramah ini.

Terakhir adalah interior. Warna cokelat khas DX lokal tidak terlihat sama sekali,“sudah ganti pakai interior DX GT, jadi hitam semua. Dasbor, doortrim, karpet, seatbelt, hingga konsol tengah. Pokoknya semua lah!” serunya. Makin sip jok depan pakai Recaro Carrozeria Edition dengan headrest yang ada speaker-nya. Wihh.. langka tuh!

Sekarang Corolla DX ini pun kerap dipakai Kabul untuk touring jarak jauh bersama teman-temannya dari Bocah Touring Retro (BTR).“SAYA pernah bawa sampai ke Malang, aman dan enak banget bawa DX ini. Gas pol terus! Hahaha..,”gelaknya. •

 ??  ??
 ??  ?? Pelek OEM Celica yang langka
Gardan OEM DX GT dan LSD, lebih mantap!
FOTO: KYN
Biaya restorasi dan modifikasi yang tidak murah
Pelek OEM Celica yang langka Gardan OEM DX GT dan LSD, lebih mantap! FOTO: KYN Biaya restorasi dan modifikasi yang tidak murah
 ??  ??
 ??  ?? Mesin swap ke 7K-E, lalu ditingkatk­an lagi performany­a agar siap touring jauh
Mesin swap ke 7K-E, lalu ditingkatk­an lagi performany­a agar siap touring jauh
 ??  ?? Interior full DX GT, plus pasang jok Recaro yang termasuk langka
Interior full DX GT, plus pasang jok Recaro yang termasuk langka

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia