Otomotif

BINGUNG CROSSOVER & SUV

-

Assamualai­kum Om OTOMOTIF. Belakangan ini saya bingung dengan istilah crossover yang dipakai oleh pabrikan mobil. Contoh Mitsubishi Xpander Cross, sebelumnya ada Honda BR-V, Suzuki S-cross dan sebagainya. Apakah ada bedanya dengan SUV. Karena mereka menyebut setangguh SUV? Apa benar tangguh? Atau hanya memang buat promo jualan mereka saja supaya dikiranya SUV.

Mohon ulasan lengkapnya biar kita semua paham bedanya. Sebelumnya terima kasih sudah merespons pertanyaan saya ini. Frediansya­h – Jakarta Utara

Wa’alaikum salam warahmatul­lah wabarakatt­u. Mas Fredi benar, istilah atau jenis mobil crossover sudah digunakan sejak lama, bahkan di luar negeri pun memakainya. Di Indonesia, pernah ada Suzuki SX-4 (sekarang S-cross), Subaru XV dan Toyota CH-R. Lalu istilah crossover dipakai juga pada Honda BR-V, Nissan Grand

Livina X-gear, Cheverolet Spin Activ, Datsun GO Cross, Mitsubishi Xpander Cross dan Suzuki XL7 yang bakal diluncurka­n minggu ini.

Secara struktur, sasis dan bodi crossover sejatinya menjadi satu kesatuan (unibody). Sedangkan SUV yang sebenarnya, pakai jenis body on frame atau bodi dan rangka terpisah berjenis ladder frame berbasis sasis truk. Ada juga SUV yang menggunaka­n monokok yang disebut compact SUV.

Lalu crossover biasanya memiliki ground clearance lebih rendah dan bobotnya lebih ringan dari SUV pada umumnya. Biasanya crossover mengadopsi penggerak roda depan dan AWD (All Wheel Driver), sementara SUV mengunakan penggerak empat roda (4WD).

Lambat laun, crossover berkembang ke arah MPV dan makanya banyak disebut perpaduan antara SUV dan MPV. Seperti beberapa produk baru yang mas Fredi sebutkan itu. Berawal dari mobil jenis MPV lalu dibuat jadi crossover dengan tampilan dirancang lebih gagah dan menambahka­n fitur layaknya SUV. Begitu mas.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia