Otomotif

XPANDER CROSS

-

Xpander Cross tak hanya sekadar Xpander yang dimake up bergaya crossover. Ada beberapa ubahan yang dilakukan Mitsubishi Motors, tentunya selain penyematan body kit ala crossover. Salah satunya adalah melakukan special tuned suspension, lantaran ground clearance naik jadi 225 mm akibat pemakaian roda berdiamete­r 17 inci.

Nah, saat menjajal Xpander Cross, kebetulan trek yang kami lalui cukup banyak melewati permukaan jalan yang tidak rata. Pas banget untuk mengetahui efektivita­s dari perubahan setinggan suspensi tersebut.

Bila dibandingk­an dengan Xpander Ultimate maupun Sport yang pernah kami uji, bantingan suspensi Xpander Cross kami rasakan sedikit lebih keras. Namun masih dalam batas nyaman. Buktinya di sela-sela perjalanan, salah satu rekan media yang jadi penumpang, masih bisa tidur dengan pulas, hehehe..

“Memang settingan suspensiny­a agak dikeraskan sedikit, karena ground clearance-nya kan lebih tinggi dari Xpander biasa. Itu untuk menjaga kestabilan, agar tidak mudah limbung saat manuver,” bilang Rifat Sungkar, brand ambassador Mitsubishi yang ikut andil dalam pengembang­an suspensi Xpander Cross.

O iya, tak hanya handling yang coba kami eksplorasi dalam acara tersebut. Kemampuan Xpander Cross mendaki tanjakan curam dalam kondisi kabin terisi 4 penumpang dewasa dan barang bawaannya pun turut kami jajal.

Saat di Bali, tanjakan berkelok dengan kemiringan yang cukup menantang saat menuju Danau Tamblingan di kabupaten Buleleng, hingga ke kawasan Bedugul, ternyata mampu ‘dilahap’ crossover MPV andalan Mitsubishi ini tanpa ada kendala apa pun.

Bahkan beberapa kali kami coba jajal stop and go di tanjakan yang terbilang kemiringan­nya cukup terjal, Xpander Cross bertransmi­si otomatis 4-percepatan yang kami kendarai tetap mampu melesat kuat.

Perubahan diameter roda yang lebih besar 1 inci dibanding Xpander Ultimate atau Sport, tak membuat tenaganya ‘ngeden’ di semua kondisi jalan yang kami lewati. Mesin 4A91 berkapasit­as 1.500 cc, DOHC, 16 katup MIVEC yang diusungnya tetap terasa ‘badak’. Saat di Bali, total jarak tempuh sejauh 264 km berhasil dilahap dengan baik oleh Xpander Cross.

 ??  ?? Eclipse Cross tangguh di segala medan berkat mesin 1.5L turbonya. Interior dan kinerja suspensiny­a juga nyaman dan jempolan
Seru saat berada di balik kemudi New Triton. Berbagai kondisi jalan mampu dilahapnya tanpa halangan
Eclipse Cross tangguh di segala medan berkat mesin 1.5L turbonya. Interior dan kinerja suspensiny­a juga nyaman dan jempolan Seru saat berada di balik kemudi New Triton. Berbagai kondisi jalan mampu dilahapnya tanpa halangan
 ?? FOTO: ISTIMEWA ??
FOTO: ISTIMEWA
 ??  ?? Meski berisi penumpang dan barang, Xpander Cross bertransmi­si matik tidak menemui kesulitan saat diajak mendaki di tanjakan curam
Meski berisi penumpang dan barang, Xpander Cross bertransmi­si matik tidak menemui kesulitan saat diajak mendaki di tanjakan curam
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia