Otomotif

FITUR MOTOGP DI MOTOR HARIAN

-

Beberapa fitur-fitur di motor balap selalu menarik dan keren ketika digunakan di motor harian, seperti fitur yang ditawarkan produk Driad, yaitu quick shifter dan launch control yang dijajakan oleh Betawi Racer (Gbr.1).

Quick shifter sendiri berfungsi untuk memutus arus listrik selama sepersekia­n detik agar pengendara bisa menaikkan gigi tanpa perlu menarik kopling. Sedangkan launch control berguna untuk menahan raungan mesin di rpm tertentu meskipun digas penuh sampai kopling dilepas, biasanya digunakan saat lepas start.

“Driad ini buatan Bogor, harganya Rp 1,450 juta ditambah jasa pasang Rp 200 ribu. Bisa untuk injeksi dan karburator. Tapi kalau motor karburator harus yang koilnya DC atau soket koilnya ada dua,” buka Alfino Setiawan, mekanik Betawi Racer.

Untuk memasangny­a tentu perlu sensor quick shifter pada as persneling (Gbr.2). “Sensornya ada tipe push dan pull, jadi bisa disesuaika­n naik giginya bisa diinjek atau dicungkil. Pakai footstep standar tetap bisa, karena kan universal dan ada pilihan tiang extension untuk atur panjang pendeknya,” sebut Fino panggilann­ya.

Kemudian rangkaiann­ya berlanjut ke koil untuk memutus arusnya ketika quick shifter bekerja (Gbr.3). Ada juga saklar on off yang diletakkan di setang untuk mengaktifk­an fitur launch control (Gbr.4), “Nyambung juga ke switch kopling agar modul bisa membaca kopling saat launch control aktif. Nanti bisa diatur mau launch di rpm berapa dan berapa detik waktunya,” tunjuk pria yang bengkelnya ada di Puncak Cikunir, Bekasi, Jabar.

Fitur quick shifter juga bisa diatur pada modulnya menggunaka­n 2 buah tombol di sisi samping (Gbr.5). “Ada 3 tingkat rpm yang bisa dipilih, terus bisa disetel berapa lama arusnya memutus. Bisa juga disetel delay dan sesitifita­s sensor quick shifter-nya,” rincinya.

Gimana? Pengen punya fitur seperti di Motogp pada motor harian? Pasang deh! •

 ?? FOTO:FARIZ ?? 1
FOTO:FARIZ 1
 ??  ?? 3
3
 ??  ?? 4
4
 ??  ?? 5
5
 ??  ?? 2
2

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia