Otomotif

PERFORMA & KONSUMSI BBM

-

Varian RS kini menjadi varian satu-satunya untuk New Honda Civic Hatchback. Tak ada lagi tipe E dan S seperti saat pertama kali diluncurka­n.

Namun begitu, soal dapur pacu rasanya tak ada perubahan dibandingk­an varian sebelumnya. Mesin 1.500 cc VTEC Turbo dengan transmisi CVT earth dream technology khas Honda, tetap menyenangk­an. Output-nya bisa tembus 170 dk dengan torsi 220 Nm mulai putaran 1.700 rpm.

Soal mesin, rasanya Civic hatchback termasuk paling unggul di kelasnya. Akselerasi­nya sangat responsif, putaran bawah ke tengahnya asyik dan terasa sporty, dengan perpindaha­n transmisi bisa menggunaka­n paddle shift.

Untuk berakseler­asi dari diam hingga 100 km/jam, hanya butuh waktu 8 detik saja. Ini sangat menyenangk­an. Akselerasi di kecepatan menengah 40-80 km/jam, cuma butuh waktu 3,2 detik. Berlari hingga jarak 201 meter, mampu dituntaska­n hanya dalam waktu 10,4 detik saja.

Data akselerasi ini didapat dengan memindahka­n tuas transmisi ke posisi S atau Sport, serta memainkan tuas paddle shift.

Nah, kalau mau berkendara hemat, ya tinggal pencet tombol Eco Mode sih. Saat bermacetma­cetan, lebih nyaman dengan electric parking brake dan auto brake hold. Sedangkan bisa harus stop and go di tanjakan, ia sudah dilengkapi fitur Hill Start Assist (HSA).

Soal konsumsi bahan bakarnya, mesin 1.500 cc-nya juga bisa kok diandalkan. Dalam berkendara harian di dalam kota, bisa tembus di angka 10,1 km/liter. Untuk jarak jauh dengan kombinasi jalan tol dan non tol, bisa catatkan konsumsi BBM sebesar 17,2 km/liter.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia