Otomotif

KENYAMANAN, FITUR & HANDLING

-

Kenyamanan mengendari mobil yang kami kategorika­n sebagai crossover 7-seater terbaru dari Suzuki ini, bisa Anda rasakan mulai dari memasuki kabinnya. Pada tipe Alpha seperti yang kami uji ini, untuk buka pintu depannya tak perlu lagi pencet remote. Cukup kantoingi remote keyless-nya itu, lalu pencet tombol hitam yang ada di handle pintu, maka pintu sudah bisa dibuka. Begitu pula ketika mau hidupkan atau mematikan mesin, cukup tekan tombol Start/stop yang ada di dasbor sebelah kanan setir. Fitur Start/stop button ini juga terdapat pada tipe Beta.

Lalu untuk kenyamanan penumpang, penyetelan AC untuk semua tipe XL7 sudah digital. Namun yang dilengkapi fitur auto climate dengan heater, hanya ada pada tipe Alpha dan Beta saja. Begitu pula dengan tombol telefoni dan Bluetooth phone connection di setir, hanya ada pada Alpha dan

Beta.

O iya, meski aura All New Ertiga masih terasa di kabinnya, namun feeling berkendara­nya kami rasakan sangat berbeda dari low MPV Suzuki tersebut yang ground clearance (Gc)nya lebih rendah.

OTOMOTIF merasakan seperti mengendari sebuah SUV, lantaran dari posisi driver kami merasakan mobil ini lumayan jangkung. Meski tak sejangkung rivalnya yang juga belum lama mengaspal di Tanah Air, yaitu Mitsubishi Xpander.

Nuansa serbahitam di dalam kabin pun kami rasakan cukup mendukung konsep crossover-nya. Pokoknya, cucok lah, hehehe.. Tapi secara garis besar, jadi penumpang di dalam kabin XL7 ini memang bisa dibilang rasanya sebelas dua belas dengan All New Ertiga, hanya feel berkedaran­ya saja yang berbeda.

Menurut pihak Suzuki, setingan GC XL7 sengaja tidak dibikin terlalu jangkung karena ada alasan tersendiri. “Supaya tidak limbung saat bermanuver. Selain itu, agar suspensiny­a bisa diseting tetap nyaman,” sebut Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Apa yang dikatakan Donny memang ada benarnya, karena saat kami jajal melintas di jalan keriting, jalan nonaspal hingga berlubang, bantingann­ya cukup nyaman. Racikan suspensi Macpherson Strut di depan dan torsion beam di belakang kami rasakan cukup moderat, alias tidak terlalu lembut dan tidak terlau keras.

Ini juga berdampak positif pada kemampuan manuvernya. Saat kami jajal menikung cepat di tikungan parabolik dengan kecepatan 80 km/ jam, kami tidak merasakan ada gejala body roll atau limbung. Bisa juga karena dukungan fitur Electronic Stability Program (ESP) yang dimiliki XL7 tipe Alpha ini (juga ada di tipe Beta).

Sipnya lagi, untuk tipe Alpha dan

Beta, jok baris depan dan tengah sudah dilengkapi dengan center arm rest, sehingga baik driver maupun penumpang di baris kedua, bisa lebih rileks saat melakukan perjalanan. Ditambah pada konsol tengah depan tuas transmisi, terdapat cup holder dengan pendingin. Bisa buat mendingink­an minuman, agar tetap segar diminum.

Lalu untuk urusan men-charging baterai gadget, semua baris jok sudah dilengkapi dengan power outlet, kecuali tipe Zeta yang hanya ada di baris pertama dan kedua saja. Jadi, tak perlu berebut lagi untuk ngecas HP saat liburan bersama keluarga besar.

Lebih keren lagi pada tipe tertinggi ini spion tengahnya sudah menggunaka­n Smart E-mirror yang bisa berfungsi sebagai dash cam. Jadi, selama perjalanan Anda bisa merekam semua kejadian yang terjadi di depan maupun di belakang XL7 ini. Keren kan?

O iya, karena radius putar XL7 ini hanya 5,1 meter, kami tidak menemui kesulitan ketika harus melakukan putaran balik di jalan yang sempit atau saat parkir di tempat terbatas.

Asyiknya lagi, karena pada tipe Alpha dan juga Beta telah dilengkapi fitur Hill Hold Control, jadi tak perlu khawatir lagi mobil mundur sendiri saat melakukan stop and go di tanjakan.

Tak hanya itu, lantaran sudah menggunaka­n lampu depan berteknolo­gi LED yang dilengkapi

DRL yang bentuknya kayak ujung pedang Katana,, berkendara di siang dan malam hari bisa tetap safety. Daya penerangan lampu depan Led-nya ini menurut kami sangat baik.

Apalagi dilengkapi pula dengan fitur levelling, sehingga ketika melewati komplek perumahan yang mesti sering-sering bilang “Misi Bang!”, arah sorot lampu bisa disetel ke bawah agar tidak menyilauka­n padangan orang atau kendaraan lain di depan mobil.

 ??  ?? Dasbor bernuansa serbahitam menambah kesan sporti di kabin
Dasbor bernuansa serbahitam menambah kesan sporti di kabin
 ??  ??
 ?? FOTO: F. YOSI ??
FOTO: F. YOSI
 ??  ?? tone) Atap hitam (two hanya ada di warna Rising Orange dan Brave Kakhi di tipe Alpha
tone) Atap hitam (two hanya ada di warna Rising Orange dan Brave Kakhi di tipe Alpha

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia