Otomotif

KENYAMANAN & HANDLING

-

Camry generasi ke-8 ini didesain lebih ‘bongsor’ dibanding generasi sebelumnya. Dimensinya lebih panjang dan lebar, bahkan jarak poros rodanya juga dimelarkan. Tentunya langkah ini membuat ruang kabin jadi makin lega.

Baik saat kami berlaku jadi pengemudi, hingga bertindak sebagai penumpang di jok depan maupun baris belakang, OTOMOTIF yang punya postur tubuh setinggi 179 cm, merasakan leg room maupun head room-nya masih lapang.

Selain itu, saat mulai menghidupk­an mobil pun di dalam kabin tetap hening. Tak ada getaran yang biasanya timbul ketika mesin hidup. Sebab saat ‘On’, mesin bensinnya belum bekerja, namun mobil sudah siap dijalankan menggunaka­n motor listrik yang setrumnya disuplai oleh baterai.

Bantingan suspensiny­a juga menurut kami cukup moderat dan stabil. Saat kami menjajal sedan hybrid Toyota ini dari Depok, Jawa Barat menuju Pelabuhan Merak, Banten, pergi-pulang, beberapa ruas jalan tol Jakartamer­ak ada yang berlubang.

Nah, ketika tak sengaja kami ‘menghajar’ lubangluba­ng yang cukup lebar itu, guncangan di dalam Camry HV ini kami rasakan tidak begitu kuat. Laju kendaraan pun tetap anteng alias stabil. Begitu pula ketika melintas di tikungan parabolik pada kecepatan 100 km/jam, sama sekali tidak ada gejala body roll.

Rasanya klaim Toyota terhadap penggunaan platfom TNGA (Toyota New Global Architech) yang menggabung­kan tiga unsur, yakni stabilitas, kelincahan serta keamanan, terhadap kemampuan handling yang jadi lebih baik, memang terbukti.

Hal ini tentunya juga dipengaruh­i perubahan wheelbase yang dibikin lebih panjang 50 mm dari generasi sebelumnya. Ditambah ground clearance-nya dibuat lebih rendah 25 mm, plus racikan pas suspensi Macpherson Strut di bagian depan dan double wishbone di belakang.

Respons setir saat bermanuver agresif juga kami rasakan sangat baik. Meski Camry terbaru ini punya dimensi bodi yang panjang dan lebar, kami tetap pede meliuk-liuk di antara deretan mobil saat hendak menyalip.

 ?? FOTO: F. YOSI ?? Untuk kenyamanan penumpang, penyetalan AC sudah Triple Zone
FOTO: F. YOSI Untuk kenyamanan penumpang, penyetalan AC sudah Triple Zone
 ??  ?? Tingkat kebisangan di dalam kabin cukup rendah dan bantingan suspensiny­a terbilang nyaman
Tingkat kebisangan di dalam kabin cukup rendah dan bantingan suspensiny­a terbilang nyaman
 ??  ?? Ruang bagasi terbilang luas, bisa untuk angkut peralatan golf atau koper besar
Ruang bagasi terbilang luas, bisa untuk angkut peralatan golf atau koper besar
 ?? FOTO: DIC ?? Dilengkapi fitur peringatan bila ada kaca jendela yang tidak tertutup rapat
FOTO: DIC Dilengkapi fitur peringatan bila ada kaca jendela yang tidak tertutup rapat

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia