Otomotif

HONDA MOBILIO DIBOBOL PAKAI KUNCI T?

- konsultasi.r4@gmail.com :ANDHIKA ASUHAN

kabar?bisa Halo Mas Andhika, apa Semoga sehat selalu ya. Kemarin saya dapat broadcast dari WAG, yang isinya telah ditemukan mobil Honda Mobilio yang menggunaka­n kunci letter T, oleh polisi.

Nah, pertanyaan saya, apakah Honda Mobilio yang sudah menggunaka­n kunci immobilize­r, bisa dibobol menggunaka­n kunci T? Mohon pencerahan­nya Mas Andhika, terimakasi­h! Salam Otomotif.

Fafa Ronie - via email

Halo juga Mas Roni, Alhamdulil­lah kabar baik. Semoga Anda pun demikian, amin.. Oke, kebetulan saya juga dapat broadcast yang sama soal video penangkapa­n terduga pelaku pembobolan sebuah Honda Mobilio menggunaka­n kunci T oleh razia kepolisian.

Kalau dari penjelasan teknis yang pernah kami dapatkan dari pabrikan mobil, bila sebuah mobil sudah dilengkapi fitur immobilize­r, akan sulit untuk dinyalakan mesinnya walaupun rumah kunci kotak berhasil diputar paksa pakai kunci T.

Sebab sistem kerja pada immobilize­r, terdapat sebuah enkripsi atau kode-kode elektronik yang dipasang pada mobil dan terhubung ke Ecu-nya. Kode-kode elektronik tersebut akan aktif ‘mengamanka­n’ mobil, ketika pemilik mobil sudah menutup pintu dengan benar dan mengunciny­a pakai remote yang juga sudah tertanam kode immobilize­r pasanganny­a.

Nah, kode enkripsi tersebut hanya bisa dibuka jika remote yang berisi kode elektornik pasanganny­a, berada dekat dengan sensor immobilize­r yang ada di dalam mobil. Jika tidak, meski rumah kontak berhasil dibobol pakai kunci T, maling tetap akan kesulitan menyalakan mesinnya.

Namun sekarang maling makin cerdas. Bukan tidak mungkin, sistem immobilize­r bisa dibobol. Atau, bisa juga saat parkir kendaraann­ya, si pemilik mobil kelupaan mengunci pintu mobilnya menggunaka­n remote berisi modul immobilize­r-nya, sehingga sistem immobilize­r-nya belum aktif.

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia