Otomotif

SPION PINTAR SUZUKI XL7

- F.yosi

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah meluncurka­n XL7 dengan tiga pilihan varian, yakni Alpha sebagai varian tertinggi, disusul Beta dan Zeta. Nah, pada tipe Alpha tentunya mempunyai fitur yang lebih lengkap. Salah satunya adalah Smart E-mirror. Lantas apa fungsi dan kegunaan fitur tersebut?

Pada dasarnya fitur ini memiliki fungsi seperti halnya spion tengah pada umumnya.“namun ia sudah dilengkapi dengan layar monitor yang terhubung ke kamera depan maupun belakang, layaknya sebuah dash cam,” ujar Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS.

Masih kata Donny, Smart E-mirror pada XL7 sudah dilengkapi dengan memori penyimpana­n berkapasit­as 16 giga byte, dalam bentuk micro Sd.“namun bagi konsumen yang ingin menambah kapasitasn­ya, bisa ditingkatk­an hingga 64 Gb,”tambah Donny.

O iya, yang menarik saat mobil dinyalakan, Smart E-mirror ini dengan otomatis akan menyala dan langsung merekam kondisi depan ataupun di belakang mobil. Tampilan visual pada layarnya cukup jernih dan jelas, sehingga kita dapat memantau kondisi di depan maupun di belakang mobil dengan baik.

Apabila fitur ini ingin dinonaktif­kan dan Anda hanya mau efek cermin biasa layaknya spion kovensiona­l, tinggal pencet tombol tengah agak lama. Begitu juga bila hendak mengaktifk­an kembali. O iya, tentu tak hanya sebatas itu saja kemampuan Smart E-mirror ini.

Dalam kondisi lagi tidak merekam, jika kita pencet tombol tengah, akan muncul berbagai pilihan pengaturan. Mulai dari pengaturan waktu, suara maupun bahasa. Bisa juga buat menampilka­n atau memainkan kembali hasil rekaman kita selama perjalanan.

Selain itu, terdapat pula pengaturan sudut pandang, mode siang atau malam agar lebih jelas, pengaturan pencerahan, hingga G-sensor. O iya, bila ingin memindahka­n hasil rekaman E-mirror ini ke smartphone atau laptop Anda, tinggal cabut memori eksternal berbentuk Micro SD yang terletak di bagian atas spion (terlindung­i oleh stiker segel).

Dari hasil pengujian OTOMOTIF, fitur ini sangat berguna sekali. Bisa jadi alat bukti ketika terjadi accident atau kejahatan selama kita berkendara. Kebetulan kami sempat mengalami kejadian yang tidak mengenakka­n saat jalan Suzuki XL7 tipe Alpha ini.

Saat hendak pulang menuju rumah pada malam hari di kawasan BSD, Tengerang, mobil yang tengah kami uji ini sempat bersenggol­an dengan sebuah motor yang tiba-tiba melintas dari arah kanan. Padahal saat itu jalur yang kami lewati traffic light-nya sudah menunjukka­n warna hijau. Sementara motor yang kami senggol, datang dari arah dimana lampu lalu lintas berwarna merah.

Dengan kata lain, sangat jelas bahwa motor tersebut melanggar lampu merah. Namun dari belakang motor tersebut datang sebuah motor yang ditumpang seorang pria dewasa, yang mengaku ayah dari anak yang motornya kami senggol tadi. Pria tersebut coba mengintimi­dasi kami dengan kata-kata kasar sambil memegang sebuah gagang spion motor. Bahkan sampai memaksa meminta surat mengemudi dan surat kendaraan kami.

Nah, kejadian tersebut terekam jelas pada Smart E-mirror XL7 yang kami kendarai. Dengan berbekal rekamannya, kami coba mengajak pria tersebut untuk menyelesai­kan di kantor Polisi terdekat. Namun bukannya mengikuti kami, pria tersebut malah menghilang entah kemana. Mungkin takut kali ya kalau yang salah anaknya, karena melanggar lampu merah.

Tuh, sangat berguna kan fitur Smart E-mirror ini? •

 ?? FOTO: F. YOSI ??
FOTO: F. YOSI
 ??  ?? Banyak pengaturan di spion E-mirror ini yang bisa disesuaika­n dengan kebutuhan
Banyak pengaturan di spion E-mirror ini yang bisa disesuaika­n dengan kebutuhan
 ??  ?? Posisi SD Card ada di atas spion, tertutup stiker segel
Posisi SD Card ada di atas spion, tertutup stiker segel
 ??  ?? Kamera untuk memantau situasi di depan ada di balik Smart E-mirrornya
Kamera untuk memantau situasi di depan ada di balik Smart E-mirrornya

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia