Otomotif

CAFE RACER ANAK SMA

ENGGAK MAU YANG PLUG AND PLAY

-

Abraham Shalom Prawiro yang masih duduk di bangku SMA, ternyata senang dunia custom motor, padahal kebanyakan teman seumuranny­a lebih suka Thailook. Buktinya Kawasaki W175 miliknya telah diubah jadi beraliran cafe racer.

“Jujur ini pertama kalinya saya mencoba custom motor dengan konsep cafe racer,” buka Shalom. Merealisas­ikannya Shalom mempercaya­kan kepada rumah modifikasi Batakastem (BK).

“Cafe racer yang diminta Shalom itu yang enggak biasa, enggak asal tempel part, mintanya harus rapi seperti buatan pabrik dan enggak mau yang plug and play,” ungkap Abraham Simatupang, punggawa BK tentang request klien barunya ini.

Ubahannya dimulai dari memotong rangka belakang. “Ujung rangka dipotong sedikit dan dibuat baru menggunaka­n pipa seamless agar posisinya lebih datar untuk jok single seater,” kata Abram, sapaan akrab Abraham. Selanjutny­a, tim BK membuat buntut tawon sebagai ciri khas cafe racer menggunaka­n pelat galvanis dengan ketebalan 1,2 mm. “Hornetnya sengaja dibuat menyatu dengan cover jok single seater, agar sekilas terlihat menyatu juga dengan tangki,” beber Abram yang bengkelnya bermarkas di Jl. Semangka IV, Pamulang Estate Blok L1 No.11, Pamulang Timur, Tangerang Selatan.

Hornet custom, sepatbor depan dan tangki bawaan pabrik kemudian dicat pakai Sikkens berwarna biru laut yang berpadu dengan sentuhan stripe putih dan hitam.

Menguatkan konsep cafe racer, dipasang setang model clip-on. Di depannya terpasang headlamp lansiran Daymaker LED bulat berdiamete­r 5,75 inci, menyiratka­n kesan tetap klasik tapi modern.

Bergeser ke sektor kaki-kaki, lengan ayun bawaan pabrik diganti swing arm custom berdimensi lebih lebar dan panjang 3 cm agar muat ban berprofil gendut. Lalu disandingk­an dengan sok tabung aftermarke­t.

Tidak ketinggala­n dibuatkan juga skid plate untuk melindungi mesin dan leher knalpot dari benturan.

Setelah jadi, pasti W175 cafe racer Shalom ini jadi paling beda di sekolahnya! •

 ??  ??
 ??  ?? Setang jepit menguatkan kesan
Setang jepit menguatkan kesan
 ??  ??
 ??  ?? Jok single seater dibalut kulit sintetis berwarna cokelat
FOTO:FAJRIN
Jok single seater dibalut kulit sintetis berwarna cokelat FOTO:FAJRIN
 ??  ?? Headlamp LED Daymaker dipercaya jadi sumber penerangan, bulat klasik tapi modern
Headlamp LED Daymaker dipercaya jadi sumber penerangan, bulat klasik tapi modern
 ??  ?? Buntut tawon custom ditemani stoplamp LED yang disematkan di ujung rangka belakang
Buntut tawon custom ditemani stoplamp LED yang disematkan di ujung rangka belakang
 ??  ?? aftermarke­t didaulat untuk cafe racer
aftermarke­t didaulat untuk cafe racer

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia