Otomotif

TERBIASA DENGAN IKLIM

-

Sirkuit yang digunakan untuk lokasi MXGP Belanda di daerah Valkenswaa­rd memang terbilang istimewa. Cuacanya kerap tidak terduga, tahun lalu selalu turun hujan deras dan membuat sirkuit menjadi berlumpur.

Namun tahun ini, hujan salju menghiasai balapan pertama dan kedua MXGP Belanda (78/3). Sirkuit bukan hanya sekadar berlumpur, kondisi yang lebih dingin membuat ban jadi lebih kaku.

Hal tersebut selalu menjadi hal yang lumrah bagi pembalap akamsa alias Anak Kampung Sana,

Jeffrey Herlings. Pembalap Red Bull KTM Factory Racing itu sudah terbiasa dengan kondisi dingin dan bersalju, tetapi harus tetap menjalani latihan.

Alhasil, ia berhasil meraih kemenangan di balapan kedua, meski di balapan pertama, Herlings meraih podium kedua usai kalah dari Tim

Gajser (Team Hrc).“sangat disayangka­n saya tidak bisa meraih kemenangan ganda di Valkenswaa­rd tahun ini,” ujar Herlings.

“Tapi saya masih melanjutka­n tradisi kemenangan di sini yang menjadi kemenangan ke-9 dalam lima tahun beruntun. Saya juga dinyatakan sebagai pemenang ronde dan membuka jarak di klasemen sementara,” sambungnya.

Gajser yang notabene rival utamanya tahun ini berasal dari Slovenia. Ia juga sudah terbiasa dengan kondisi bersalju dan suhu dingin yang ekstrem. Kondisi fisik yang jauh lebih baik juga menjadi hal yang membuatnya menjadi lawan tangguh bagi Herlings.

Tak heran kalau keduanya seperti sudah terbiasa balapan di lintasan yang bersalju dan suhu udara yang minim. Bagi crosser lainnya, di Valkenswaa­rd adalah balapan yang cukup menyita energi.

KONSENTRAS­I TINGGI

Seperti yang dirasakan Arminas Jasikonis (Rockstar Energy Husqvarna Factory Team). Meski dua kali meraih posisi ketiga, ia butuh konsentras­i yang tinggi agar tidak kehilangan konsentras­i dan berpengaru­h pada kondisi fisiknya.

“Setiap ke Valkenswaa­rd adalah balapan yang sulit bagiku, di 15 menit terakhir balapan kedua, saya sudah lelah secara psikis juga fisik. Itu yang membuat saya terjatuh dan sempat melambat untuk beberapa detik sampai akhirnya kembali termotivas­i,” ujar Jasikonis.

“Meski sulit, itu semua terbalas dengan dua podium ketiga yang kami raih. Semua persiapan fisik yang saya lakukan berarti tidak percuma. Tim bekerja dengan sangat baik agar motor kami terus kompetitif di kondisi yang sulit,” sambung crosser asal Lituania itu.

Membangkit­kan kembali motivasi dalam lomba harus terus dilakukan. •

 ??  ??
 ??  ?? Jasikonis mengaku kesulitas secara psikis dan fisik tiap ke Valkenswaa­rd
Jasikonis mengaku kesulitas secara psikis dan fisik tiap ke Valkenswaa­rd
 ??  ?? Herlings tetap lanjutkan tradisi kemenangan di negara asalnya
Herlings tetap lanjutkan tradisi kemenangan di negara asalnya

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia