Otomotif

LAMPU ALL NEW YAMAHA NMAX

-

Pancaran sinar lampu utama All New Yamaha NMAX sebenarnya lebih terang dibanding NMAX lama. Namun buat yang suka jalan malam, apalagi turing keluar kota yang jalanannya gelap, sorotnya masih kurang terang. Contohnya dirasakan Heru Prasetyo, yang langsung pasang lampu proyektor mobil.

Urusan ubahan, pria yang tinggal di Depok, Jawa Barat ini menyerahka­n kepada bengkel Kedai Riders.“pakai lampu proyektor mobil sorot cahayanya bisa lebih tebal dan fokus,” buka Yoyo owner Kedai Riders.

Untuk lampunya, Yoyo menggunaka­n empat buah lampu proyektor dari Toyota Vellfire (Gbr.1).

Proses modifikasi­nya, yang pertama Yoyo meng-upgrade emitter LED menggunaka­n kepunyaan Toyota Fortuner VRZ agar cahayanya lebih terang.

Pada bagian DRL (Daytime Running Light), Yoyo juga menggantin­ya pakai model RGB keluaran Seametal, yang memiliki dua fungsi sebagai lampu senja dan sein running.

Kemudian, Yoyo membuat dudukan proyektor menggunaka­n pelat aluminium 2 mm pada headlamp bawaan NMAX. Baru kemudian lampu proyektor dipasang (Gbr.2) dan kabel disesuaika­n ke kabel lampu bawaan pabrik.

“Sebelum headlamp dipasang, driver (ballast) disesuaika­n dahulu menggunaka­n kepunyaan Toyota Fortuner VRZ,” beber Yoyo.

“Tiap proyektor pakai satu driver, jadi pakai empat yang sudah saya gabungkan dalam satu kotak (Gbr.3). Driver ini berfungsi untuk mengatur sistem penerangan proyektor,” imbuhnya.

Selanjutny­a, perlu dipasang dua buah relay pada driver (Gbr.4).“kalau ganti lampu utama pakai proyektor, relay jadi komponen yang wajib dipasang karena dayanya lebih besar,” wanti Ade, mekanik Kedai Riders.

Keunggulan lain lampu proyektor ini, ketinggian sorotnya bisa diatur secara elektrik, untuk itu Yoyo juga mengganti sakelar sebelah kiri menggunaka­n milik KTM Duke 390 (Gbr.5).

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk upgrade lampu utama seperti NMAX milik Heru? Yoyo membaderol­nya Rp 10 juta dengan garansi pemakaian selama satu tahun. Minat? •

 ?? FOTO: FAJRIN ??
FOTO: FAJRIN
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia