Otomotif

LINDUNGI DARI BENDA ASING

- Fariz

Honda ADV 150 yang konsepnya ala-ala skutik adventure, membuat sebagian pemiliknya suka melakukan perjalanan jauh dengan beragam jalan termasuk off road ringan.

Salah satu risikonya tentu adanya pentalan benda asing yang dapat mengenai lampu utama, daripada pecah tentu lebih baik dilindungi.

Caranya pasang cover lampu yang dijual oleh Ihsan Motoshop (Gbr.1). Memasangny­a mudah, tidak perlu ke bengkel juga bisa asalkan punya obeng plus dan kunci L5.

“Lepas dulu 4 baut aslinya pakai kunci L5. Setelah itu pasang braket cover lampunya (Gbr.2), tapi yang atas dulu biar cover lampunya menggantun­g. Habis itu baru pasang braket yang bawah pakai baut yang sudah disediakan,” buka Ihsan Mulya Yusuf, owner Ihsan Motoshop.

Setelah braket terpasang, baru rangkai cover lampu yang terbagi menjadi 3 bagian. Mulai dari bagian kanan dan kiri untuk DRL, dan bagian tengah yang melindungi lampu utama (Gbr.3).

“Jadi kalau mau nyuci lampu utamanya gampang gak perlu bingung, cukup lepas beberapa baut pakai obeng kembang,”tunjuk pria yang juga sudah membuat crash bar untuk ADV 150.

Kemudian, pastikan semua baut sudah terpasang kencang agar tidak getar dan lepas saat dipakai jalan.“semua baut dan bushing-nya sudah termasuk dalam paket, harganya Rp 450 ribu dengan warna hitam powder coating. Tebalnya cukup 1,2 mm, kalau lebih dari itu nanti malah jadi berat,”tutup Ihsan yang rumah sekaligus bengkelnya ada di Taman Malaka, Jaktim. Saat blusukan lampu jadi tetap aman deh! •

 ??  ?? Ihsan Motoshop: 0898-9107-358
Ihsan Motoshop: 0898-9107-358
 ?? FOTO: FARIZ ??
FOTO: FARIZ
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia