Otomotif

WABAH CORONA MENGUBAH SEMUA

- R. PANJI MAULANA Editor in Chief panjioto@gmail.com

Hanya beberapa bulan saja, virus corona telah menyebar luas di belahan dunia. Tak terkecuali di negeri tercinta kita, Indonesia. Hingga tulisan ini ditulis (16/3), Pemerintah mengumumka­n sudah mencapai 134 pasien yang positif mengidap virus yang disebut juga COVIC-19 ini.

Dampaknya sudah mulai terasa ke kita semua, termasuk ke dunia balap otomotif. Tengok saja gelaran Motogp putaran 1 di Qatar ditiadakan. Bahkan putaran di Thailand pun di-postponed.

Hal serupa terjadi pada ajang F1 putaran 1 di Melborne, Australia yang juga batal. Karena salah satu kru Mclaren F1 Team disinyalir terjangkit virus corona. Berlanjut ke putaran kedua (Bahrain) dan ketiga (Vietnam) ditunda sampai waktu yang tidak bisa ditentukan.

Gak cuma event balap di luar negeri, di dalam negeri berstatus kejurnas pun bakal ditunda. Seperti kejurnas speed off-road, sprint reli, reli dan event-event balap lainnya yang masih didiskusik­an.

Dari industri otomotif pun terkena dampaknya. Terlebih setelah Presiden RI, Joko Widodo mengimbau masyarakat agar bekerja, belajar dan beribadah dari rumah (15/3) dan sejumlah Pemerintah daerah meliburkan sekolah.

Efeknya, beberapa acara launching mobil baru dan media test drive juga harus ditunda pelaksanaa­nnya. Namun ada pula yang prosesi peluncuran­nya menggunaka­n metode live streaming.

Bahkan bahaya COVIC-19 juga memaksa event pameran IIMS (Indonesia Internatio­nal Motor Show) 2020 yang seharusnya digelar bulan depan (9-19/4) di Jakarta untuk dipostpone­d.

Kami berharap, wabah ini bisa cepat selesai dan kita semua dapat terhindar dari penularan virus corona. Amin.

Jaga kesehatan Anda juga ya!•

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia