Otomotif

TAMPILAN DASBOR JADI SEGAR

- Rendy

Bosan sama tampilan panel spidometer atau panel cluster mobil kamu? Mungkin opsi modifikasi seperti ini bisa jadi solusinya. Adalah SPD Spidometer, workshop asal Jogjakarta ini spesialis utak-atik penampilan panel spidometer. “Kita mengerjaka­n panel cluster custom, restorasi dan reparasi spidometer lama,” terang Ikhsan Badruz Zaman, founder SPD Spidometer.

O iya, yang disebut panel cluster custom adalah mengganti panel bawaan mobil dengan panel baru. “Kami desain sendiri menggunaka­n UV printing, dan dipotong pakai laser cutting. Pengeringa­n pakai sejenis infra red agar awet,” tambah Ikhsan.

Jenis ketebalan panel bervariati­f, mulai dari 0,2 milimeter hingga 1,5 milimeter, “Paling banyak dipakai yang 0,5 mm, 1 mm dan 1,5 mm, disesuaika­n dengan ruang spidometer,” terangnya lagi.

Apakah semua mobil bisa dipasangka­n, “Semua mobil bisa, hanya perlakuan tiap mobil beda, misalnya ada indikator menyala bisa diseting ulang atau kalibrasi,” tukasnya.

Selain spidometer jenis analog, Ikhsan juga menyanggup­i untuk memodifika­si spidometer mobil yang sudah digital. “Bisa dicustom Led-nya, full colour, atau ganti warna backlight,” ucapnya.

Spidometer mobil tua juga bisa direstoras­i atau malah dicustom, “Biasanya kendala kalau mobil tua, baut-bautnya sudah korosi/karatan, tapi bisa dikerjakan,” katanya lagi.

Soal biaya, SPD Spidometer mematok harga mulai dari Rp 350 ribu. Beberapa paket ditawarkan, mulai dari penggantia­n panel saja, lantas penggantia­n LED hingga jarum indiglow. Satu paket ada panel, buku manual, kartu garansi, tools seperti removal, obeng untuk membuka spidometer.

Lantaran custom, kita bisa pasangkan desain, corak, foto, karakter hingga logo klub mobil kita sesuai keinginan. Namun begitu SPD juga sudah siapkan beberapa desain yang cocok dengan tipe mobil dan tinggal produksi (ready design).

Untuk penambahan desain, nama, karakter, logo komunitas, foto sendiri ada biaya tambahan, “Tidak mahal kok, kalau paket dasarnya seharga Rp 350 ribu, tinggal tambah sekitar 35 ribu lagi,” promonya.

Soal jaminan atau garansi, “Iya kita kasih garansi, seperti kalau terjadi ada error di pemasangan, bentuk tidak plug and play, atau ada komponen dari kami yang tidak berfungsi, kita ganti,” katanya.

Untuk pemasangan di luar kota, SPD Spidometer sudah punya beberapa bengkel rekanan yang sudah biasa memasang panel spidometer, “Kalaupun mau dikerjakan sendiri atau bengkel langganan bisa saja, kita sudah siapkan buku manualnya,” jelasnya.

Nah, hebatnya lagi, panel spidometer custom ini sudah dipesan dan dikirim ke berbagai negara, “Lebih dari 10 negara, tapi paling sering ke Malaysia, India, Brazil dan Filipina,” terang Ikhsan lagi. Keren! •

SPD SPEEDOMETE­R CUSTOM - 0822240679­77

 ??  ??
 ??  ?? Paket harga mulai dari Rp 350 ribu, sudah termasuk panel, buku manual, kartu garansi hingga tool set untuk membantu bongkar pasang spidometer
Paket harga mulai dari Rp 350 ribu, sudah termasuk panel, buku manual, kartu garansi hingga tool set untuk membantu bongkar pasang spidometer
 ??  ?? Panel dasbor Innova ganti panel dan LED saja sudah keren ya
Panel dasbor Innova ganti panel dan LED saja sudah keren ya
 ?? FOTO: ISTIMEWA ??
FOTO: ISTIMEWA
 ??  ?? LCD bisa dibikin warna-warni dan custom backlight
LCD bisa dibikin warna-warni dan custom backlight

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia