Otomotif

FITUR & TEKNOLOGI

-

Yang dibandingk­an sama-sama versi termahal, PCX ABS dan NMAX Connected/abs.

Seabrek fitur baru disematkan pada NMAX oleh Yamaha. Diawali dari panel instrumen dengan desain baru. Isinya sangat lengkap seperti di NMAX lama, ada spidometer, odometer, fuelmeter, tripmeter, fuel consumptio­n, info VVA, suhu mesin, tegangan baterai, dan jam.

Yamaha juga turut menyematka­n teknologi Communicat­ion Control Unit (CCU) yang terkoneksi via Bluetooth dengan Y-connect (Yamaha Motorcycle Connect) pada smartphone.

Diklaim sebagai fitur yang pertama kali hadir di motor buatan Indonesia. Dengan Y-connect pengendara dapat terhubung dengan motor dan menampilka­n informasi Fuel Consumptio­n, Malfunctio­n Notificati­on, Parking Location, Phone & Message Notificati­on, dan Recomended Maintenanc­e (Engine Oil & Battery). Informasi tersebut dipantau melalu aplikasi Y-connect pada smartphone pengendara.

Sama seperti lawannya, PCX juga dibekali dengan spidometer digital, hanya saja sudah menggunaka­n tipe negative display. Isinya ada spidometer, ada juga tripmeter, odometer, jam dan average fuel consumptio­n, Idling Stop System (ISS), Smart Key serta indikator ABS pada tipe ABS. Kecerahan layar juga dapat disetel 5 tingkat.

Selanjutny­a NMAX kini dilengkapi Smart Key System sebagai kelengkapa­n standar di varian Connected/abs, yang juga berisi answer back system. Sedangkan pada PCX fitur ini sudah terlebih dahulu ada, malah selain immobilize­r dan answer back system ada pula alarm.

Sebagai pelengkap Yamaha juga menyematka­n electric power socket untuk menambah daya smartphone pada NMAX. Sama seperti PCX yang memiliki colokan listrik DC 12 volt 1 Ah di konsol boks sisi depan kiri.

bergeser ke kaki-kaki, NMAX memiliki pelek dengan desain palang baru yang mirip dengan Aerox 155. Meski begitu ukuran ban tetap sama yaitu 110/70-13 dan 130/70-13. Sedangkan Honda PCX mengadopsi pelek model palang 8. Ukurannya 2.15x14 inci dan 3.50x14 inci. Dibalut ban 100/80-14 dan 120/70-14.

Kembali ke NMAX, pada varian Connected/ ABS pastinya dilengkapi dengan fitur ABS (Anti-lock Braking System). Tipenya 2 channel dan masingmasi­ng cakram dijepit oleh kaliper satu piston. Perangkat ABS NMAX bekerja berdamping­an dengan TCS atau Traction Control System. Fitur ini merupakan yang pertama kali di kelas 150 cc.

Honda menyediaka­n PCX 150 dalam dua varian, CBS dan ABS. Pada CBS atau Combi Brake System, kaliper depan memiliki 3 piston, 2 piston utama dan 1 piston sebagai perangkat CBS. Sedang di tipe ABS, sayangnya sistem antilock-nya hanya satu channel,

hanya berfungsi di rem depan saja.

Kapasitas tangki bensin pada NMAX membengkak jadi 7,1 liter, sedangkan sebelumnya hanya 6,6 liter. Meski begitu PCX boleh tersenyum bangga karena tangki bensinnya memiliki kapasitas 8 liter.

Urusan bagasi, MAXI skutik Yamaha ini memiliki kapasitas 24 liter. Masih lebih kecil dari PCX yang memiliki kapasitas bagasi mencapai 28,8 liter.

Sebagai sumber penerangan, Yamaha menyematka­n lampu LED pada headlamp dan stoplamp, tapi sayangnya sein masih bohlam biasa. Berbeda dengan PCX yang sudah mengusung LED di semua sisi. Menariknya kedua skutik 150 cc ini sudah dilengkapi dengan lampu hazard.

Satu lagi yang baru, Yamaha memberikan mesin anyar pada NMAX, menggunaka­n engine mounting di bawah, mirip dengan Aerox 155. Kini sudah pakai SMG (Smart Motor Generator) dan SSS (Stop & Start System). Menyalakan mesin jadi lebih senyap dari generasi sebelumnya. Sedangkan Honda sudah terlebih dahulu pakai ACG Starter dan Idling Stop System (ISS) pada PCX.

Sektor peredam kejut, suspensi belakang NMAX pakai subtank, sebutan buat reservoir gas yang terpisah. Pada versi Connected/abs lengkap dengan setelan preload yang dapat diatur menggunana­kan obeng plus. Sedangkan Honda masih menggunaka­n sok belakang biasa tanpa tabung tambahan.

 ??  ?? Sokbreker belakang PCX tanpa tabung maupun setelan
Sokbreker belakang PCX tanpa tabung maupun setelan
 ??  ?? Kenop smartkey PCX, di sisi kanan lebih miring
Sokbreker belakang NMAX punya setelan preload
Kenop smartkey PCX, di sisi kanan lebih miring Sokbreker belakang NMAX punya setelan preload
 ??  ?? Kenop smartkey NMAX, posisi di tengah mendatar
Kenop smartkey NMAX, posisi di tengah mendatar

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia