Otomotif

CAFE RACER UNIBODY

- Fajrin

Ada yang masih ingat Minerva Sachs Madass? Sebuah motor bebek unik karena cuma rangka tanpa bodi, bahkan tangki bensin juga di sasis utama.

Ternyata keunikan Madass itu malah dihilangka­n oleh Rio Castello, pemilik motor yang juga Ketua Umum Motor Besar Indonesia (MBI).

“Bosan dengan tampilanny­a, makanya saya custom dengan konsep cafe racer, supaya kalau beli sarapan naik Madass ini terlihat berbeda dari yang lainnya,” buka Rio.

Merealisas­ikan dipercayak­an pada Kustomotio­n Garage (KG). “Om Rio hanya pesan diubah jadi cafe racer, acuan konsepnya saya ambil dari BMW R80 cafe racer,” ungkap Panji Kusuma Yudo punggawa Kustomotio­n.

Ubahan dimulai dari memensiunk­an sub frame model knock down, diganti baru menggunaka­n pipa seamless 22 mm. “Agar lebih datar jadi pas untuk jok single seater. Konstruksi­nya dipatenkan agar lebih aman dan kuat,” beber Panji.

Selanjutny­a semua bagian rangka termasuk swing arm dilapis krom. Kemudian suspensi depan bawaan motor dipensiunk­an, gantinya model upside down yang dipandu setang model clip-on kepunyaan Suzuki GSX-R1000.

Untuk komponen body work, dibuat berbeda dari cafe racer umumnya. “Dibuat unibody mulai dari tangki, cover jok sampai hornet. Bentuknya juga dibuat berbeda, penuh lekukan yang memberi kesan berotot dan futuristik,” kata pria yang bermarkas di Jl. Gebang Sari No.44, Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur.

Bodi berbentuk nyeleneh tadi disambungk­an dengan half fairing yang berisi lampu bulat berdiamete­r 4,5 inci. Terakhir seluruh bodi dicat dengan warna silver.

Bahannya motor unik, hasil modifikasi­nya pun tetap unik! •

 ??  ?? Leher knalpot sedikit dipangkas dari aslinya, sehingga terlihat lebih simpel
Leher knalpot sedikit dipangkas dari aslinya, sehingga terlihat lebih simpel
 ?? FOTO: FAJRIN ??
FOTO: FAJRIN
 ??  ?? half
half
 ??  ?? Bentuk tangki custom terlihat berotot yang juga jadi tempat spidometer bawaannya
Bentuk tangki custom terlihat berotot yang juga jadi tempat spidometer bawaannya
 ??  ?? Hornet terlihat lebih futuristik ditemani stoplamp
LED original Madass
Hornet terlihat lebih futuristik ditemani stoplamp LED original Madass
 ??  ?? Jok custom berkulit sintetis memberikan kenyamanan berkendara
Jok custom berkulit sintetis memberikan kenyamanan berkendara
 ??  ?? penerangan Area ditemani fairing sebagai racer identitas cafe
penerangan Area ditemani fairing sebagai racer identitas cafe

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia