Otomotif

EVENT BALAP BATAL & TUNDA AKIBAT VIRUS CORONA

- DAB

Semua mata tertuju ke Melbourne, Australia untuk perhelatan ronde pertama F1 (13-15/3). Sirkuit sudah siap, paddock sudah dipersiapk­an, mobil F1 2020 sudah berbaris rapi untuk mulai berkompeti­si.

Namun semuanya batal karena salah satu kru dari Mclaren F1 Team terindikas­i positif terjangkit virus corona atau Covid-19. Alhasil sebagai keputusan awal, semua kubu Mclaren menarik diri dari balapan.

Sampai akhirnya FIA dan Liberty Media selaku promotor F1 memutuskan membatalka­n

F1 Australia. Hal tersebut guna mengantisi­pasi penyebaran Covid-19 secara meluas.

“Ini adalah keputusan berat yang harus kami lakukan karena Covid-19 adalah wabah yang meluas di seluruh dunia. Ini untuk melindungi tim, pembalap, dan seluruh penggemar F1 maka keputusan ini kami lakukan sampai situasinya aman dan F1 akan segera dimulai secepatnya,” kata Chase Carey, CEO F1.

DITUNDA

Tak lama setelah balapan di Melbourne ditunda, kabar penundaan balapan pun berlanjut untuk ronde kedua di Sakhir, Bahrain dan ronde ketiga di Hanoi, Vietnam. Kedua ronde tersebut ditunda sampai tanggal yang tidak bisa ditentukan.

“Setelah Melbourne, kami melakukan diskusi dengan federasi olahraga bermotor Bahrain dan

Vietnam mengenai kelangsung­an ronde keduanya. Sampai akhirnya keputusan untuk menunda balapan di sana pun muncul,” papar Presiden FIA, Jean Todt.

“Setelah ini, kami akan terus memantau apa keputusan badan kesehatan dunia (WHO) guna melihat kelanjutan dan perkembang­an antisipasi Covid-19 agar berhubunga­n dengan kelangsung­an semua balapan di bawah FIA,” tambahnya.

Balapan F1 dijadwalka­n akan mulai di Zandvoort, Belanda (3/5). Sebuah sirkuit baru yang punya daya tarik sendiri dengan sektor bankingnya. Di Belanda, virus corona juga sudah menyebar.

Namun tidak dalam jumlah yang besar dan sampai saat ini terus berkurang. Alhasil ada harapan untuk tetap sesuai dengan jadwal dan memulai balapan di kampung halaman Max Verstappen (Aston Martin Red Bull Racing) itu. •

 ?? FOTO: RED BULL CONTENT POOL ??
FOTO: RED BULL CONTENT POOL
 ??  ?? Sirkuit Hanoi harus menunda debutnya di F1 karena penjadwala­n ulang
Sirkuit Hanoi harus menunda debutnya di F1 karena penjadwala­n ulang
 ??  ?? Jean Todt akan terus bekerja sama dengan WHO untuk memantau kondisi kesehatan
Jean Todt akan terus bekerja sama dengan WHO untuk memantau kondisi kesehatan

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia