Otomotif

POSITION RIDING HANDLING &

-

Sedikit mengingat kembali tentang posisi duduk dari All New BEAT. Rasanya sama dengan skutik kecil Honda lainnya, dengan jok rendah, tingginya cuma 740 mm, jadi mudah dijangkau oleh pengendara dengan tinggi sekitar 160 cm sekalipun. Oiya busa joknya termasuk empuk.

Jok rendah tadi dikombinas­i dengan posisi dek yang lumayan tinggi, maklum karena tebal, di dalamnya salah satunya ada aki. Efeknya buat yang punya tinggi lebih dari 170 cm dan kakinya panjang, jadi terasa nangkring dengan posisi paha datar dan lutut dekat setang saat berbelok.

Sementara posisi setangnya rendah dan cukup sempit. Bukan posisi yang nyaman banget, tapi terasa ringan dan memudahkan saat berkendara harian, apalagi di jalanan yang padat dan perlu selap-selip.

Dimensi All New BEAT ini memang ramping, panjang x lebar x tinggi hanya 1.877 x 669 x 1.074 mm, ditunjang sasis ESAF yang persis milik Genio, bobot hanya 90 kg (versi CBSISS), membuatnya punya karakter handling yang begitu lincah.

Buat menikung kencang juga enak, lincah dan nurut, grip ban bawaan yang sudah tubeless bagus, baik saat kering maupun hujan.

Karakter kedua suspensiny­a tergolong empuk walaupun buat sendirian, jadi tetap nyaman saat melibas jalan tak rata.

Namun empuknya suspensi dan bobot yang ringan juga punya kelemahan, di kecepatan tinggi lebih dari 80 km/jam jadi serasa melayang.

 ??  ?? Kaki serasa nangkring dengan posisi paha mendatar
Kaki serasa nangkring dengan posisi paha mendatar

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia