Otomotif

PERFORMA

-

Mesin yang digunakan All New BEAT benar-benar beda dengan milik BEAT generasi sebelumnya, tapi persis dengan Genio dengan beberapa perubahan. “Perbedaan besar ada di air cleaner, muffler, dan fuel injection system,” terang Makoto Dohi, BEAT Large Project Leader, Honda Motor Co., Ltd.

Mesin ini berkonstru­ksi overstoke, langkah pistonnya jauh melebihi diameter pistonnya. Perbanding­annya 47 mm x 63,1 mm. Tenaga maksimal 8,9 dk di 7.500 rpm, sedang torsi maksimum 9,3 Nm didapat hanya di 5.500 rpm.

Tentu karakter yang ingin diraih adalah

torsi besar dengan putaran mesin tak terlalu tinggi, sehingga pas buat berkendara harian dan konsumsi bensin efisien. Tapi benar kah?

Buat yang senang berkendara santai mesin baru BEAT ini memang pas, karena digas sedikit saja secara kalem langsung laju tanpa perlu ngeden. Buat stop and go di kemacetan padat juga pas.

Namun buat yang butuh skutik kecil yang agresif dan perlu sering menyalip rasanya kurang cocok, karena di putaran dan kecepatan menengah, tepatnya kisaran 50-70 km/jam seakan tertahan.

Karakter membuka gasnya mesti diurut, kalau dibuka langsung besar cenderung ngok. Jadi saat akan menyalip atau ketemu tanjakan mesti jaga kecepatan, agar tak kehilangan momentum.

Uniknya selepas jarum spidometer melewati angka 70 km/jam akan kembali enteng ngacir hingga kisaran 90 km/jam, baru kemudian merambat pelan lagi hingga lebih dari 100 km/jam.

Jadi karakter mesinnya enak buat santai atau sekalian buat melibas rute keluar kota yang jalannya relatif sepi, yang bisa konstan kencang sekalian.

Dengan karakter agak ngeden di kecepatan menengah, maka tak heran jika catatan waktu saat dites akselerasi lebih responsif BEAT lama.

Ambil contoh untuk meraih kecepatan 0-60 km/jam, perlu waktu 7,8 detik, bandingkan dengan BEAT generasi sebelumnya yang cuma 6,5 detik! Untuk meraih jarak 0-201 meter di angka 13,9 detik, sedang BEAT generasi sebelumnya 13,2 detik.

Tapi All New BEAT unggul kecepatan puncaknya, di Racelogic tertera bisa mentok di angka 99,6 km/ jam, sedang BEAT generasi sebelumnya cuma 96,8 km/jam. Lumayan kan? Padahal klaim Honda, All New BEAT ini cuma mentok 94 km/jam.

Data lengkap hasil tesnya bisa dilihat di tabel.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia