Otomotif

TINGGAL RODA DUA

-

Pekan Olahraga Nasioal (PON) 2020 yang akan digelar di Papua dan Papua Barat masih sesuai rencana pada jadwalnya (20/10-2/11). Meski pada cabang olahraga (cabor) bermotor dipastikan hanya dua cabang, road race dan motocross saja.

Motocross menjadi salah satu cabor bermotor yang paling matang persiapann­ya. Pasalnya, banyak lahan kosong yang bisa digunakan untuk pembanguna­n sirkuit motocross. Sampai akhirnya lokasi di distrik Tanah Miring, Merauke selesai dibangun.

“Untuk motocross, sampai dengan hari ini dari progres pembanguna­n sudah mencapai 30 persen. Kami harapkan seluruh bangunan ini selesai Juni, karena kontraknya sampai Juni. Ini adalah kontrak multiyears. Jadi tahun anggaranny­a berjalan terus, tapi progresnya dibayar berdasarka­n prestasi kerja,” ujar Frederikus Gebze, Bupati Merauke dilansir dari Tribunnews.

Lokasi sirkuit motocross ini tak jauh dari sirkuit road race yang baru rampung di awal Februari lalu. Pengaspala­n sirkuit dan pembanguna­n paddock untuk cabor road race memang diutamakan, sebab lebih menghabisk­an banyak waktu dalam hal pembanguna­nnya daripada sirkuit motocross.

Sirkuit aspal itu memiliki panjang 1,5 km dengan lebar 10 meter. Sirkuit ini memang lebih cocok untuk motor bebek dan juga untuk mengurangi balap liar yang ada di Merauke, sehingga menjadi proyek jangka panjang.

“Pembanguna­n sirkuit (balap motor) untuk PON di Papua memang dikebut supaya bisa dievaluasi faktor keamananny­a. Sejauh ini semuanya sudah aman dan tinggal bikin bangunan pendukung saja dan pasti siap untuk PON Oktober nanti,” kata Medya Saputra, Waketum Olahraga Sepeda Motor IMI Pusat.

PERSIAPAN

Dengan matangnya sarana lomba, kini tinggal persiapan kontingenk­ontingen saja agar bisa lebih siap. Dari cabor road race, Papua Barat menargetka­n bisa meraih medali emas di kampung halamannya.

Rusmah Fadhil yang menjadi ujung tombak pun siap memenuhi target tersebut. “Optimis bisa medali emas. Waktu PON Jabar kan kita juga sudah dapat emas di kelas beregu, jadi buat di kampung halaman nanti tinggal dipersiapk­an agar lebih matang saja,” tutur Fadhil.

Sedangkan cabor motocross, kontingen dari DKI Jakarta yang mengandalk­an Farhan Hendro pun punya target yang sama. Pasalnya

DKI Jakarta di dua cabor bermotor ini, punya skuat pembalap kuat yang mereka kumpulkan.

“Targetnya jelas bisa mendapatka­n medali emas di road race dan motocross. Kita punya bekal baik dari PRA-PON, sekarang tinggal membuktika­n saja di Papua nanti,” kata Anondo Eko, Ketua

IMI DKI Jakarta.•

 ?? RIZKY ??
RIZKY
 ?? ISTIMEWA ?? Sirkuit balap motor yang sudah selesai, siap dicoba ajang balap lokal di April
ISTIMEWA Sirkuit balap motor yang sudah selesai, siap dicoba ajang balap lokal di April
 ?? DAB ?? Motocross menjadi cabor baru di PON 2020 dan dinilai paling menarik karena merek motornya bebas
DAB Motocross menjadi cabor baru di PON 2020 dan dinilai paling menarik karena merek motornya bebas

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia