Otomotif

PAKET UPGRADE

AUDIO MERCY & BMW

- Rendy

Kalau Anda pemilik mobil BMW atau Mercedes-benz yang ingin meningkatk­an kualitas suara audionya (sound quality), tanpa merombak interior dan menggugurk­an garansi, mungkin ulasan kali ini bisa jadi solusinya.

Ya, Ground Zero, produsen komponen audio high end asal Jerman, tawarkan jalan keluarnya. Dalam katalog produknya, Ground Zero menawarkan produk speaker set (2 way), tweeter dan mid speaker

(4 inci) yang khusus menggantik­an speaker set bawaan kedua mobil Eropa tersebut.

“Tanpa potong-potong kabel alias socket to socket, tinggal buka baut speaker, copot bawaan, lalu ganti speaker Ground Zero, pasang baut lagi,” promo Andreas Tjahjadi, Developmen­t Director PT Audio Plus, pemegang merek Ground Zero di Indonesia.

Ground Zero sudah menyiapkan paket ini untuk jenis mobil BMW mulai dari BMW Seri 1 hingga Seri 7. Termasuk BMW X1 hingga BMW X6. Misalnya saja BMW seri 3,“Tersedia dari BMW E90 dan BMW F30,” jelas Andreas.

Selain speaker set, Ground Zero juga punya subwoofer 8 inci untuk menggantik­an subwoofer bawaan mobil. “Biasanya posisi subwoofer ada di bagian bawah jok depan,” terang Andreas. Sama dengan speaker, tinggal plug and play saja.

Ditambahka­n Lena, Marketing Communicat­ion PT Audio Plus, untuk Mercedes-benz Ground Zero juga menyediaka­n subwoofer yang siap menggantik­an subwoofer bawaan mobil, “Kalau mau kualitas audio lebih baik lagi, bisa pasang 2 subwoofer ditambah amplifier DSP Ground Zero, yang semuanya plug and play,” terang Lena.

Selain speaker dan subwoofer, untuk kualitas yang lebih baik lagi, bisa tambahkan power amplifier yang sudah built in DSP. Power amplifier bertugas memberi tenaga agar suara yang dihasilkan optimal. Sedangkan DSP atau Digital Signal Processor, fungsinya mengolah sinyal suara yang diproduksi speaker agar output-nya lebih natural dan seimbang baik bass, mid dan treble.

Soal biaya untuk komponenny­a saja, “Speaker set mulai dari Rp 8 juta (SQ+), subwoofer sekitar Rp 8 jutaan. Itu belum termasuk jasa instalasin­ya,” tambah Lena.

Untuk estimasi biaya berikut instalasi, Dynamics Autosound kasih bocorannya. Untuk paket lengkap yang terdiri tweeter, mid speaker, subwoofer, power amplifier + DSP, soket serta instalasi, mulai dari Rp 31,300,000.

Sedangkan untuk Mercedes-benz, paket lengkapnya terdiri dari tweeter, mid speaker, dua buah subwoofer 8 inci, power amplifier + DSP, soket dan kabel khusus Mercedes-benz serta instalasi, mulai dari Rp 40,800,000.

Waktu pengerjaan­nya terbilang singkat, lantaran proses pemasangan­nya plug and play alias socket to socket, “Instalasin­ya tak butuh waktu lama, rata-rata sekitar 3 jam,” terang Lena lagi. Tertarik? •

 ??  ?? FOTO: ISTIMEWA
FOTO: ISTIMEWA
 ??  ?? Diklaim meningkatk­an kualitas audio lebih baik dibandingk­an bawaan pabrik
Diklaim meningkatk­an kualitas audio lebih baik dibandingk­an bawaan pabrik
 ??  ?? Tak ada potong kabel, baut dudukan speaker masih menggunaka­n bawaan pabrik
Tak ada potong kabel, baut dudukan speaker masih menggunaka­n bawaan pabrik
 ??  ??
 ??  ?? Subwoofer 8 inci di BMW biasa ditaruh di bagian bawah jok depan
Subwoofer 8 inci di BMW biasa ditaruh di bagian bawah jok depan

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia