Otomotif

RIDING POSITION & HANDLING

-

Sebagai besutan adventure, wajar jika 790 Adventure R berpostur tinggi, termasuk joknya yang dalam posisi standar mencapai 880 mm. Namun bisa disetel sedikit lebih rendah, kendati demikian tetap saja buat pengendara dengan tinggi badan 173 cm bobot 64 kg ternyata masih harus jinjit, jika kedua kaki turun. Padahal posisi setelan preload suspensi belakang juga sudah disetel paling rendah.

Setangnya model fatbar yang tentu posisinya tinggi dan lebar, menjadikan punggung tegak dan memudahkan pengendali­an motor di medan berat sekalipun. Sementara posisi footstep lurus dengan jok, jadi posisi kaki rileks. Hanya saja saat kaki harus turun sambil jalan merayap, misal ketika di kemacetan, kaki jadi gampang terantuk footstep.

Segitiga berkendara secara keseluruha­n membuat pengendara jadi rileks, jadi saat perjalanan jauh tidak lekas capai. Apalagi joknya empuk enggak bikin pantat pedas, dan juga ditunjang windshield yang ampuh menghalau angin, namun juga tidak sampai mengganggu pandangan.

Tangki berkapasit­as

20 liter yang didesain memeluk mesin, punya beberapa kelebihan walaupun secara tampilan tak seperti kebanyakan besutan adventure, yang biasanya tangki menjulang tinggi seperti punuk unta.

Kelebihan pertama ukurannya ramping, jadi punya bobot kering 189 kg, tapi terasa ringan dan sangat mudah dikendalik­an, ketika out di tikungan lajunya mudah dikoreksi. Top deh handling-nya!

Karakter suspensiny­a juga khas besutan adventure, empuk dan punya jarak main panjang, 240 mm di kedua roda. Jadi melibas jalan berlubang pun enggak perlu takut suspensi mentok, badan juga tidak terguncang. Ditunjang pula dengan jarak terendah ke tanah mencapai 263 mm, jadi bagian bawah mesin aman tak gampang terantuk jalan.

Asyiknya lagi, di 790 Adventure R pakai suspensi WP Xplor yang bisa disetel, baik preload, compressio­n maupun rebound. Jadi bisa diatur sesuai bobot dan gaya pengendara. Malah yang depan tinggal putar pakai tangan, jadi sambil jalan juga bisa.

Adanya steering damper yang tersembuny­i di bawah komstir juga menunjang handling yang stabil.

Enaknya melibas berbagai kondisi jalan juga ditunjang ban bawaannya, Metzeler Karoo 3 yang punya grip bagus di jalan tanah, tapi juga nyaman di aspal dan tak terlalu berisik.

Jadi kemampuan on dan off road motor ini memang jempolan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia