Otomotif

FITUR & TEKNOLOGI

-

Bicara fitur kita awali dari depan, lampu utama sudah LED dengan pancaran sinar yang cukup terang. Tapi buat luar kota yang gelap gulita rasanya memang masih kurang, makanya banyak yang menambahka­n fog light dan lainnya.

Geser ke spidometer­nya, yang bisa berubah tampilan sesuai kondisi sekitar, akan berlatar putih saat siang dan hitam jika kondisi gelap atau malam.

Isi info yang disajikan sangat lengkap, tak hanya takometer, spidometer, odometer, tripmeter, fuelmeter, gear position, trip time, konsumsi bensin rata-rata, kecepatan ratarata, jam, suhu udara, tentu termasuk ada info ride mode yang dipakai, MTC dan ABS, dan tempat mengatur beberapa fitur seperti DRL. Juga bisa pula terkoneksi dengan smartphone. Mengatur infonya pakai tombol yang ada di setang kiri.

Di bagian bawah spidometer sudah terdapat power outlet 12 volt 1 Ah. Jadi kalau mau pasang GPS di atas spidometer, kebutuhan arusnya tinggal colok.

Buat pengendali­an pakai setang fatbar yang juga telah tersemat handguard. Mesin juga telah dilengkapi pelindung dari bahan metal.

Agar bisa ada pilihan ride mode; Street, Rain, Off road dan Rally, maka sudah pakai throttle by wire. Lalu karena sudah pakai PASC (Power Assist Clutch), wajar jika handel koplingnya sangat ringan, dua jari juga kuat.

Fitur andalan sebagai besutan adventure tentu di kaki-kaki, seperti disinggung di pembahasan handling, 790 Adventure R ini pakai suspensi full adjustable WP Xplor berdimensi jangkung, yang mengawal ban tubeless di kedua roda berdiamete­r 21 dan 18 inci. Oiya lengan ayunnya aluminium yang terpasang di sasis model tubular berbahan Cromo.

Bukan cuma jangkung, biar saat off road aman dari air, silencer didesain tinggi di sisi kanan belakang, bahkan air intake dari boks filter posisinya diletakkan di bawah jok bagian belakang. Jadi kalau terendam air setengah bodi, mestinya masih aman.

Sistem pengereman tentu cakram, depan ganda dengan kaliper radial 4 piston tiap sisi, yang belakang 2 piston. Dilengkapi juga dengan cornering ABS, dan ABS belakang bisa dimatikan agar bisa mengunci saat off road.

Performa remnya pakem, hanya saja kinerjanya kurang konsisten. Kadang kala saat ditekan handel rem tiba-tiba agak dalam, walaupun lebih sering dangkal.

Oiya satu lagi, suara klaksonnya terlalu sopan, kurang keras! Tampaknya masih pakai versi standar Eropa.

 ??  ?? Pakai ride mode Rally maka muncul tulisan Rally dan sisi bawah kanan ada angka MTC
Pakai ride mode Rally maka muncul tulisan Rally dan sisi bawah kanan ada angka MTC
 ??  ??
 ??  ?? Suspensi depan bisa disetel sambil jalan, kiri compressio­n kanan rebound
Suspensi depan bisa disetel sambil jalan, kiri compressio­n kanan rebound
 ??  ?? Peleknya jari-jari biasa model di tengah, tapi ban sudah tubeless
Peleknya jari-jari biasa model di tengah, tapi ban sudah tubeless

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia