Otomotif

MENJAGA FEELING KOMPETISI

- DAB

Ramainya pembalap internasio­nal menggelar balap virtual, maka pembalap Indonesia pun tak mau kalah. Konsep “Balap Di Rumah” kini mulai digelar, terlebih sekarang sedang jeda vakum musim balap dan memasuki bulan puasa Ramadhan, hitung-hitung bisa balapan sambil atau menunggu waktu berbuka.

Salah satunya adalah’reli Di Rumah’ atau Ramadhan Rally Indonesia yang diprakarsa­i Rizal Sungkar selaku Ketua Panitia atau Racing Comittee. Ada 10 event reli yang disiapkan dengan total 60 special

stages (SS) yang harus dilibas para peserta dan dibagi menjadi empat ronde dengan masing-masing seri dijalankan selama tujuh hari.

Ronde pertama telah dimulai (3/5) dan selesai pada Minggu (10/5). Setiap peserta dikenakan biaya Rp 100 ribu per seri untuk ikut serta. Akan ada hadiah untuk juara umum di akhir klasemen.

“Jadi kita bikin event untuk mengisi kekosongan waktu sambil tetap mengasah skill, soalnya kan balap virtual sekarang juga sudah nyaris realistis

banget. Setiap peserta bisa menggunaka­n PC atau PS4, tergantung nyamannya saja” ujar Rizal Sungkar.

Game yang digunakan adalah Dirt Rally 2.0 yang menjadi kesepakata­n bersama. Sebab dinilai lebih realistis dan punya pilihan mobil yang lebih banyak. Lalu untuk sistem kendali, peserta juga dibebaskan untuk menggunaka­n steering wheel atau menggunaka­n joystick.

KENDALI

“Semua itu tergantung kenyamanan saja. Bukan berarti yang pakai wheel akan jadi lebih jago, peserta kami juga banyak yang pakai joystick, tapi bisa tiga besar terus,” lanjut Rizal. Kelas balap pun terbagi menjadi kelas FWD (gerak roda depan), RWD (gerak roda belakang) dan 4WD.

Kebanyakan peserta berasal dari balap turing yang terbiasa dengan mobil FWD, seperti Jordan Johan.

Ia ikut kompetisi ini juga untuk terus membiasaka­n diri dengan Toyota Agya yang ia pakai di ISSOM.

“Tapi jadi lebih paham karakter RWD sama 4WD. Aku jadi lebih suka yang 4WD karena lebih terasa aja powernya kalau digas. Setelah itu juga tetap mengisi aktivitas balapan aja sambil menunggu balapan yang belum tahun dimulainya kapan,” Jordan menambahka­n.

Dari semua uang pendaftara­n yang terkumpul, nantinya akan menjadi sebuah hadiah bagi juara umum. Wah hadiahnya

apa yah.

 ?? ISTIMEWA ??
ISTIMEWA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia