Otomotif

BERES DENGAN DIISOLASI ULANG!

- •Aant

Mogok bisa datang kapan saja dan tak terduga, seperti dialami Harno yang menggunaka­n Honda BEAT ESP 2015 saat menuju pasar.“tiba-tiba motor brebet tak ada tenaga, lalu tak bisa distarter, terus lampu oranye di spidometer kedip,”keluhnya.

Beruntung posisi mogok tak jauh dari bengkel R59 Racing yang ada di Jl. Dewi Sartika NO.32D, Ciputat, Tangerang Selatan. Keluhan pun diutarakan ke Harry Anggi, mekanik R59. “Kedipan MIL (Malfunctio­n Indicator Lamp)

5 panjang dan 2 pendek, berarti kode 52,” terang Anggi.

Kalau dari kode MIL 52, berarti ada kerusakan CKP atau

crankshaft position sensor. Tapi ternyata tak seberat itu, “Ini biasa dialami BEAT, Scoopy atau Spacy. Masalahnya cuma karena kabel

body terkelupas lalu menempel ke massa, jadinya korslet,” terang Anggi, sapaan akrabnya.

Anggi melanjutka­n, kabel bodi yang ada di atas mesin, yang salah satunya dari ACG Starter, yang di dalamnya berisi spul pengisian dan juga CKP, posisinya memang dekat mesin. Ketika mesin berayun, kabel tersebut bergesekan (Gbr.1) sehingga akibatnya lama-lama isolasi pengaman dan kabelnya terkelupas. Makanya terjadi short atau korslet.

“Mengatasin­ya diisolasi saja,” tutur Anggi. Sebelum mengisolas­i kabel yang terkelupas, agar pengerjaan mudah lepas dahulu boks filter udara. Diawali dengan melepas bagasi, baru buka 2 baut 10 pengencang boks filter di CVT pakai kunci sok, satu lagi baut di moncong throttle body pakai obeng plus.

Benar saja, setelah dicek ternyata isolasi dan 2 buah kabel terkelupas akibat gesekan (Gbr.2). Langsung saja diisolasi (Gbr.3) dengan sebelumnya dibersihka­n dari kotoran. Maklum posisinya pas di depan roda belakang, jadi kotoran berkumpul di situ.

Agar tak kembali bergesekan, ada baiknya setelah diisolasi dikasih cable ties dengan dikaitkan dengan kabel gas (Gbr.4) jadi posisi kabel menggantun­g. Terakhir rakit lagi boks filter udara dan bagasi. Lalu ttesxtnyal­akan mesin, pasti akan hidup normal kembali dan MIL tak lagi berkedip.

Mudah kan?

 ?? FOTO: AANT ??
FOTO: AANT
 ??  ?? 1 2 3
1 2 3
 ??  ?? 4
4

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia