Otomotif

AKTIFKAN RIDING MODE NEW KAWASAKI NINJA 250

-

Ternyata New Kawasaki Ninja 250 bisa punya riding mode layaknya Honda CBR250RR. Hal ini ditemukan Red Black Motoshop (RBM) bersamaan dengan proses remapping ECU.

“Fitur dua mode atau riding mode ini ketemu secara tidak sengaja. Saat ECU Ninja dioprek ketemu ada dua map di dalamnya,” ujar Arif Hidayat, pemilik RBM.

Jadi motor hanya menggunaka­n satu map sebagai default, sedangkan satu lagi tidak terpakai. Di sini bisa dimasukkan mapping baru sebagai mode kedua. Menurut Arif, fitur ini ada pada New Ninja 250 dan Ninja 250 injeksi lama.

Selain mapping baru, map standar juga ikut di-custom dengan setelan yang baru. Dengan cara seperti ini jadi ada dua mapping berbeda dalam satu ECU. Motor jadi memiliki dua mode.

Untuk melakukan proses reflashing, terlebih dahulu copot ECU standar dari motor. Pada New Ninja 250 ECU terletak di bawah tangki, sedangkan Ninja 250 FI di bawah jok pengendara.

Selanjutny­a ECU disambungk­an ke laptop melalui modul. Modul ini juga merupakan hasil karya RBM (Gbr.1). Maka ECU akan terbaca software reflash Tunner Pro.

Untuk me-remap ECU, yang harus dilakukan pertama kali yaitu menyeting ulang RPM table, terdiri dari rpm ignition table, TPS, dan IAP. Grafik tabel ignition per putaran mesin diseting mengikuti bentuk grafik standar (Gbr.2).

RPM table ini berfungsi sebagai baseline atau dasar, selanjutny­a parameter lain seperti fuel, ignition dan lainnya yang akan menyesuaik­an.

RBM sendiri sudah memiliki data base map hasil uji coba. Membuat proses

remapping jadi lebih mudah karena data base ini tinggal di copy ke ECU milik motor

customer yang datang. “Prosesnya cepat, mungkin hanya 5 menit. Lebih lama mencopot ECU dari motor karena harus buka bodi,” tambah Arif.

Mode 1 dan 2 yang ada di ECU dapat diganti via tombol yang terpasang di setang (Gbr.3). Tombolnya berupa switch

on-off. Nah, tombol ini terkoneksi ke ECU lewat kabel yang dicolokkan ke soket

scanner motor (Gbr.4) yang ada di bawah jok pembonceng.

Proses reflashing ECU Arif memberikan dua pilihan jasa. Pertama hanya remapping

ECU tanpa riding mode seharga Rp 700 ribu, dan remap ECU beserta fitur riding mode

Rp 1 juta. Harga tersebut sudah termasuk tombol riding mode.

Buat konsumen luar kota tinggal kirimkan ECU motor ke workshop Red Black Motoshop yang berlokasi di Jl. Sumatera No. 188, Rawa Lele, Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. • Rangga

 ??  ??
 ?? FOTO: RANGGA ??
FOTO: RANGGA
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia