Otomotif

MENYERUPAI KULIT, TAPI…

- Rendy

Seiring perkembang­an teknologi pembuatan bahan kulit sintetis pelapis interior mobil, bermuncula­n motif dan jenis bahan yang menawarkan diferensia­si yang unik.

Salah satu yang baru adalah bahan kulit sintetis yang disebut microfiber. Disebut microfiber lantaran, “Benang yang digunakan mengandung bahan fiber yang kuat dan lentur,” terang Juliawan Wahjoepram­ono, pemilik merek Lederlux dan Euroleder dan Oriileder, penyedia bahan kulit sintetis dan microfiber.

Kalau pada umumnya, bahan kulit sintetis biasa punya lapisan kain di bagian bawahnya ( backing cloth), tapi tidak dengan bahan microfiber.

“Dengan tebal yang sama dengan kulit sintetis, microfiber punya tekstur dan feeling yang sangat mirip dengan kulit karena tidak dilapisi bahan kain di baliknya,” kata Wenwen, panggilan akrabnya.

Secara tekstur bahan microfiber bisa mirip sekali dengan kulit, namun tentu ada pembeda yang kentara. Bahan microfiber tak mempunyai aroma yang khas seperti kulit.

Ditambahka­n Wenwen lagi, “Kulit asli kalau dibakar, tidak akan menimbulka­n api kecil, kalau microfiber yang bagus masih ada sedikit keluar api tapi kecil.”

Euroleder dan

Oriileder adalah jenis bahan kulit sintetis yang disebut microfiber. Dibandingk­an dengan kulit sintetis Lederlux, Euroleder menggunaka­n jenis benang fiber, “Bahannya bisa diperforas­i seperti kulit asli dan tidak mudah sobek,” jelas Wenwen lagi. Diperforas­i maksudnya diberi tekstur lubang kecil-kecil dengan mesin.

Selain penampilan yang elegan dengan tekstur mirip kulit, bahan microfiber yang berkualita­s punya ciri tidak sobek saat ditarik, “Coba gunting sedikit bagian tepian bahan, lalu tarik dengan dua tangan, ke sisi yang berbeda. Microfiber yang baik, sulit sekali untuk sobek,” jelas Wenwen lagi.

Beberapa fitur yang ditawarkan dari bahan microfiber adalah UV protection, fire retardant, anti bakteri dan anti jamur.

Nah, lantaran diposisika­n berada di atas jenis bahan sintetis biasa, dan teknologi baru, “Harganya sekitar 30% lebih mahal dibandingk­an kulit sintetis biasa.” tutup Wenwen. •

 ??  ?? ISTIMEWA
ISTIMEWA
 ??  ?? Teksturnya bermacam, mulai kulit biasa hingga mirip nappa
Teksturnya bermacam, mulai kulit biasa hingga mirip nappa
 ??  ?? Bahan microfiber kelebihann­ya bisa diperforas­i (berlubang)
FOTO: RENDY
Bahan microfiber kelebihann­ya bisa diperforas­i (berlubang) FOTO: RENDY
 ??  ?? Mirip kulit terutama bagian belakangny­a, tapi tanpa aroma
Mirip kulit terutama bagian belakangny­a, tapi tanpa aroma
 ??  ?? Varian perforated atau lubang, harganya sedikit lebih mahal
Varian perforated atau lubang, harganya sedikit lebih mahal

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia