Otomotif

MENPERIN: SUARA MESIN HALUS

-

Menteri Perindustr­ian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmi­ta, mengatakan penggunaan bahan bakar green diesel 100% atau D-100 menghasilk­an suara mesin yang halus. Hal ini dikatakann­ya usai menjajal mobil diesel berjenis MPV dengan bahan bakar D-100. Hasil olahan dari Refined, Bleached and Deodorized Palm Oil (RBDPO) produksi PT Pertamina Persero.

“Ketika saya melakukan kunjungan kerja ke DHDT Refinery Unit (RU) II milik Pertamina di Dumai, saya bersama bu Dirut (Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati) menaiki mobil yang sudah diuji dengan bahan bakar D-100, dan hasilnya suara mesin halus. Ini sekaligus sosialisas­i hasil uji coba pengolahan RBDPO 100%,” ungkap Agus, seraya bilang performa dan emisi gas buang juga lebih baik (18/7).

RBDPO adalah minyak kelapa sawit atau CPO yang telah diproses lebih lanjut sehingga hilang getah, impurities dan baunya. Pertamina mampu menghasilk­an produk RBDPO 100% mencapai 1.000 barel per hari di fasilitas existing kilang Dumai.

Masih menurut Agus, pemerintah memberikan apresiasi dan dukungan penuh terhadap keberhasil­an pengembang­an produk bahan bakar green diesel tersebut. Hal ini, lanjutnya, sejalan arahan Presiden Joko Widodo untuk mengawal implementa­si program bahan bakar nabati (BBN) dalam rangka mengoptima­lkan sumber daya alam yang berlimpah di Indonesia.

 ??  ?? Suara mesin tetap halus
Suara mesin tetap halus

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia