Otomotif

PINJAM SESAMA SUZUKI

- Rangga

Apitech sejatinya belum merilis ECU khusus untuk Suzuki GSX-R150. Namun, oleh Kelly Nugroho hal itu tidak menjadi halangan untuk memasang ECU standalone tersebut ke besutan sport 150 miliknya. Solusinya, pria yang cukup sering ngoprek motor Suzuki ini menggunaka­n Apitech untuk saudara semerek.

“Aslinya buat Satria F150, jadi perlu ada penyesuaia­n di wiring karena pin beda,” jelas Kelly.

Pemasangan ECU Apitech di GSX-R150 menurut Kelly yang pertama di dunia. Hal ini karena produsen ECU asal Thailand tersebut belum menyediaka­n perangkat khusus untuk GSX 150. Dari sekitar 30 pin di soket ECU GSX, 5 pin atau 5 kabel tidak terpakai ( Gbr.1). Karena ada beberapa fitur yang dari GSX yang tidak ada di Satria FI dan sebaliknya.

“Seperti AFR sensor di GSX tidak ada, terus sensor idle di Satria FI enggak ada,” tambah penggemar Iron Maiden ini.

Proses instalasi dilakukan di Lima Pendawa Motor yang berlokasi di Jl. Praja Dalam K no.45 Kebayoran Lama, Jaksel. Ada sekitar 16-17 pin yang diubah agar ECU Apitech bisa terpasang di soket ECU standar motor.

Melalui ECU standalone Apitech, tentu banyak parameter yang dapat diubah. Seperti seting ignition degree, injector degree, limiter ,timing fan sampai ke launch control dan quickshift­er.

Setelah memasang ECU dan diseting di atas dyno Mainline milik Farm Tuning, tenaga yang didapat sebesar 14,72 dk/10.625 rpm dan torsi 11,5 Nm/8.333 rpm, dengan kenaikan tenaga linear di setiap putaran mesinnya ( Gbr.2). Menurut Kelly angka tersebut belum maksimal, masih bisa dioptimalk­an lagi.

Sebagai catatan, tenaga GSX standar di dyno Mainline sebesar 12,89 dk/9.762 dengan torsi 10,4 Nm/7.500 rpm.

Selain ECU, kondisi motor sudah terpasang knalpot Arrow dan filter udara aftermarke­t. Bila ingin hasil yang lebih joss, menurut Kelly bisa ditambah dengan mengganti throttle body pakai punya Satria FI. Oiya pemasangan ECU pun tidak mengganggu fitur keyless yang diusung GSX ( Gbr.3).

Oleh Kelly, pemasangan ECU standalone tersebut juga dijadikan

sampel untuk diajukan ke Apitech. Agar nantinya dapat memproduks­i ECU khusus sport 150 cc ini.

Bila ada yang tertarik, Kelly juga menerima order pemasangan Apitech di GSX 150 dengan biaya Rp 5,5 juta. All in sudah termasuk ECU, wiring serta seting motor di atas dyno. •

 ??  ??
 ?? FOTO: RANGGA ??
FOTO: RANGGA
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia