Otomotif

CARA PENGECEKAN OLI TRANSMISI MATIK

-

Transmisi otomatis memang sudah jadi syarat wajib bagi para pemilik mobil, utamanya di kota besar seperti Jabodetabe­k yang tingkat kemacetann­ya sangat tinggi. Selain tidak melelahkan kaki kiri, pengemudi pun bisa lebih nyaman menghadapi kemacetan.

Namun perawatan transmisi otomatis juga tidak semudah perawatan transmisi manual, terutama cara pengecekan olinya. Harus ada cara tersendiri untuk mengecek kondisi oli transmisi matik ini, apakah sudah waktunya ganti atau berkurang olinya dan lainnya.

Menurut Eddie dari Boss Matic, bengkel spesialis matik di kawasan Bintaro 9, Tangsel. “Pengecekan oli transmisi matik dimulai dengan memanaskan mesin mobil terlebih dulu. Ketika suhu mesin sudah mencapai normal, letakkan tuas transmisi di posisi P, lalu cabut deepstick oli transmisi. Bersihkan dulu, lalu colok dan cabut lagi,” ulas Eddie.

Nah, pada saat dicabut yang kedua itulah kondisi oli matik yang sebenarnya. “Dilihat dari deepstick, apakah volume olinya di bawah batas

maksimum atau tidak, atau warnanya berubah, atau ada bau sangit,” bilangnya lagi. Namun jika normal, berarti masih aman.

Cara pengecekan ini berlaku juga untuk mobil lawas yang sudah bertransmi­si matik. “Bedanya hanya di posisi tuas transmisi saja, letakkan di posisi N. Karena transmisi matik mobil lawas umumnya belum computeriz­ed. Jadi saat di N pelumasan oli lebih maksimal,” tukas Eddie. Selebihnya sama.

Nah, versi bengkel resmi sedikit berbeda. “Setelah suhu mesin mencapai normal, ‘mainkan’ tuas transmisi dari P ke R ke N ke D, lalu balik ke P lagi. Matikan mesin dan cabut deepstick oli matiknya. Bersihkan dan dari situ ketahuan kondisi olinya,” jelas Sartono, Technical Leader Auto2000 Bintaro.

Jika oli matiknya kurang dari batas maksimum, bisa tambahkan sendiri melalui tempat deepstick tadi menggunaka­n corong tambahan yang sesuai ukurannya. Namun jika Anda tak mau repot, tinggal pergi ke bengkel saja biar aman.

Lalu jika warnanya sudah berubah, “Oli ATF matik itu berwarna merah, jika sudah kecokelata­n atau sudah mulai keruh, tak ada salahnya diganti agar kondisi matik tetap aman,” bilan Sartono. Begitu juga kalau tercium bau sangit, berarti ada indikasi masalah di transmisi matiknya.

Nah, mudah kan pengecekan­nya?

 ??  ?? FOTO : KYN
FOTO : KYN
 ??  ?? Jika oli transmisi berkurang atau warnanya berubah, segera tambah atau diganti
Jika oli transmisi berkurang atau warnanya berubah, segera tambah atau diganti
 ??  ?? Lihat kondisi oli melalui deepstick, cek warna dan volumenya apakah berkurang atau tidak
Lihat kondisi oli melalui deepstick, cek warna dan volumenya apakah berkurang atau tidak
 ??  ?? Tunggu suhu mesin sampai normal, baru lakukan pengecekan oli transmisi otomatisny­a
Tunggu suhu mesin sampai normal, baru lakukan pengecekan oli transmisi otomatisny­a

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia