Otomotif

WULING TIPE S

- Rendy

Minggu

lalu, PT SGMW Motor Indonesia

( Wuling Motors memberikan kejutan di tengah lesunya pasar otomotif Tanah Air, dengan meluncurka­n varian terbarunya, Wuling Cortez CT tipe S.

Mobil ini diposisika­n sebagai entry level medium MPV menggantik­an varian Wuling Cortez 1.5 (non-turbo).

Menariknya, varian ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 209 juta ( Wuling Cortez CT Type S M/T 6- speed) hingga Rp 233 juta ( Tipe S CVT).

Dengan kisaran harga tersebut, Cortez CT Tipe S bersaing dengan harga mobil di kelas di bawahnya, alias Low MPV (LMPV) merek lain. Cihuy kan?

MESIN TURBO

Seperti embel-embel nama CT, Cortez ini mengusung mesin berdoping turbo. Dapur pacu ini mampu semburkan daya hingga 140 dk pada 5.200 rpm, dan torsi 250 Nm di kitiran 1.600 hingga 3.600 rpm.

Seperti varian C (tipe di atasnya), Cortez CT tipe S ditawarkan dalam dua pilihan transmisi, manual 6 percepatan, dan CVT.

Soal kaki-kaki, pelek yang digunakan modelnya berbeda dengan varian di atasnya, namun ukurannya sama- sama 16 inci, dibalut alas karet 205/55R16. Sistem pengereman sudah cakram di keempat rodanya.

Melihat bagian eksterior, tentu ada perbedaan dengan tipe yang lebih tinggi (C dan

L). Namun secara dimensi tak ada perbedaan sama sekali.

Untuk tipe S ini, tak memiliki fitur foglamp, auto-on headlamp, frameless wiper, rain sensing wiper, spion lipat ( electric foldable mirror), electric sunroof dan chrome window list.

Headlamp sudah berteknolo­gi proyektor dengan height adjuster dan fitur follow me home, namun masih menggunaka­n bohlam halogen. Lampu LED DRL hadir di varian CVT.

Lampu mundur dan rem masih gunakan bohlam halogen mirip tipe C. Tipe S ini juga sudah dibekali wiper belakang, roof rail dan antena short pole.

Masuk bagian interiorny­a, tipe S CVT, sudah dilengkapi dengan jok berlapis kulit sintetis, dan captain seat di baris kedua. Panel Multi Informatio­n Display (MID) berukuran 3,5 inci sama dengan tipe C.

Fitur interior lain yang sama dengan varian di atasnya, seperti jam analog di dasbor, spion dalam antiglare serta jok baris ketiga bisa reclining.

Beda dengan varian di atasnya, tipe C tak memiliki slot USB di jok baris ketiga, panel dasbor soft touch, kotak kacamata, maupun setir berbalut kulit.

Untuk fitur kenyamanan, Wuling Cortez CT tipe S ini sudah dibekali AC double blower namun pengaturan­nya masih analog (model putar). Ia juga sudah dilengkapi kunci pintar, yang bisa membuka kaca jendela sebelum masuk mobil, juga tombol buka bagasi.

Kemudian ada juga pengaturan audio dan telefoni di setir, keyless entry sudah tombol start/stop engine mulai ada di varian Cvt-nya.

Beberapa fitur safety tidak hadir di varian entry level ini, terkecuali fitur SRS airbag penumpang depan. Antara lain tidak ada Brake Assist (BA), Electronic Stability Control (ESC) dan Traction Control System ( TCS).

Fitur khas Wuling Cortez versi mewah hilang di varian ini, seperti Tire Pressure Monitoring System ( TPMS), parking sensor, Electronic Parking Brake (EPB), Hill

Hold Control dan Auto Vehicle Hold. Untuk rem parkirnya menggunaka­n tuas rem tangan.

Untuk fitur hiburan, Wuling Cortez CT tipe S bertransmi­si CVT sudah dibekali head unit layar sentuh 8 inci dengan fitur koneksi mirrorlink, Bluetooth, kamera mundur serta 4 buah speaker.

Bagi yang mencari mobil keluarga dengan dimensi besar ala medium MPV, namun seharga Low MPV, varian ini bisa jadi alternatif. •

 ??  ??
 ??  ?? Indonesia)
Indonesia)
 ?? FOTO : WULING ??
FOTO : WULING
 ??  ?? Sudah dilengkapi kunci yang bisa membuka kaca jendela sebelum masuk mobil, juga tombol buka bagasi
Sudah dilengkapi kunci yang bisa membuka kaca jendela sebelum masuk mobil, juga tombol buka bagasi
 ??  ?? Dapur pacu 1.500 cc turbo-nya punya tenaga hingga 140 dk
Dapur pacu 1.500 cc turbo-nya punya tenaga hingga 140 dk
 ??  ?? Tipe S CVT, sudah dilengkapi jok berlapis kulit sintetis dan captain seat di baris kedua
Tipe S CVT, sudah dilengkapi jok berlapis kulit sintetis dan captain seat di baris kedua
 ??  ?? Sudah dibekali AC double blower, namun pengaturan­nya masih analog (model putar)
Sudah dibekali AC double blower, namun pengaturan­nya masih analog (model putar)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia