Otomotif

PINTU BAGASI SUZUKI SWIFT TURUN SENDIRI

-

Halo OTOMOTIF!

Mohon bantuannya, baru-baru ini mobil saya Suzuki Swift keluaran 2010, pintu bagasinya ketika diangkat ke atas, tiba-tiba turun sendiri. Padahal sebelumnya tidak begitu. Itu kenapa ya? Ada yang bilang sokbreker pintunya sudah lemah, apa betul? Kalau iya, berapa harga sokbreker pintu bagasinya?

Mohon pencerahan­nya, atas penjelasan­nya saya ucapakan terima kasih! Sirly M - via email

Halo juga Mbak Sirly! Mengenai kendala pintu bagasi yang ketika diangkat ke atas, lalu turun sendiri, memang tandanya sokbreaker hidraulis pintu bagasi mobilnya sudah lemah. Sejatinya dalam kondisi sokbreaker pintu bagasi masih normal, ia akan sanggup menahan beban atau bobot pintu bagasi, sehingga tidak mudah turun.

Lemahnya sokbreaker back door ini biasanya karena usia pakai. Tapi ada juga sih yang rusak karena terjadi kebocoran oli pada sok pintu tersebut. Maklum, mengingat pemakaian mobil Mbak Silry sudah masuk 10 tahun pakai, jadi adalah hal yang wajar bila part tersebut mulai menurun kinerjanya.

Saran kami, sebaiknya segera lakukan penggantia­n sokbreaker pintu bagasi tersebut, karena bisa berbahaya bagi yang tidak tahu kondisi mobil Mbak. Sebab ketika pintu bagasi dibuka dan masih ada orang di bawah pintu, apalagi anak kecil, dikhawatir­kan pintu tersebut tiba-tiba turun dan menimpa orang/anak tersebut.

Harga sokbreaker pintu bagasi Suzuki Swift di pasaran ada yang jual sekitar Rp 240-275 ribu per satuannya untuk produk SGP (Suzuki Genuine Part). Jadi kalau satu set (kiri dan kanan, sekitar Rp 480–550 ribuan. Ada juga produk aftermarke­tnya dengan harga bervariasi, bahkan ada yang harganya Rp 250–350 ribuan per setnya (kirikanan).

 ??  ?? DOK.OTOMOTIF
DOK.OTOMOTIF

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia