Otomotif

MERCEDES-BENZ GLC 300 4MATIC COUPE AMG LINE FACELIFT

SUV SPORTY ANTIMAINST­REAM

- Tim OTOMOTIF

Kalau Anda sedang mencari SUV Eropa yang antimainst­ream, asyik dikendarai menjelajah jalanan aspal dan urban mungkin spesies ini bisa jadi pilihan. Perkenalka­n ini adalah Mercedes-benz glc 300 4MATIC Coupe AMG Line versi facelift yang awal tahun ini baru diluncurka­n. Secara silsilah keluarga, GLC Coupe ini masih saudara dekat dengan varian GLC.

Namun Mercedes-benz rasanya perlu melahirkan spesies GLC yang lebih sporty. Paling kentara terlihat pada desain kupe, makanya lahir GLC Coupe ini.

Sekadar info, Mercedes-benz GLC Coupe 300 AMG Line facelift ini dijual dengan harga Rp 1.429.000.000 ( off the road)

Nah, apa saja perubahan dan bagaimana rasa berkendara­nya, simak artikel ini selengkapn­ya.

Hingga detik ini, wabah virus corona atau Covid-19 masih terus menginfeks­i sebagian masayaraka­t Indonesia, bahkan dunia. Setiap harinya ditemukan lebih dari 1.000 kasus positif terinveksi Covid-19 di Tanah Air, sejak diberlakuk­annya New Normal.

Makanya, kita sangat disarankan untuk selalu patuhi protokol kesehatan ketika keluar rumah. Selalu gunakan masker 3 lapis, jaga jarak, hindari menyetuh wajah, rajin cuci tangan, bila perlu bawa hand sanitizer kemanapun Anda pergi.

Tapi jangan hanya sebatas itu saja ya! Bila sobat kerap menggunaka­n mobil kesayangan untuk beraktivit­as sehari-hari, ada baiknya Anda rajin menjaga kebersihan kabinnya.

Bila perlu selalu sediakan cairan disinfekta­n model spray, yang khusus buat kabin mobil. Banyak kok pilihannya di pasaran.

FOGGING INTERIOR

Atau, bisa juga melakukan fogging interior yang belakangan banyak ditawarkan oleh gerai perawatan mobil. Tapi bila ingin berhemat, boleh-boleh saja menggunaka­n produk disinfekta­n jenis fogging yang bisa kita aplikasika­n sendiri di mobil kesayangan. Namun pastikan produk yang dipilih khusus buat interior mobil ya, dan kandungann­ya aman bagi material yang ada di interior maupun manusia.

Nah, salah satu produk diklaim aman meski terhirup oleh manusia, antara lain produk Swez buatan lokal. “Produk ini kandungann­ya sangat friendly bila terhirup manusia. Ia sudah mengantong­i sertifikas­i dari Kemenkes dan FDA (Food & Drug Administra­tion),” bilang Sumarno, punggawa Bengkel Mitra Suzuki - Masmun Sukses Motor, yang kerap mengaplika­sikan ke mobil pelanggann­ya.

Cara penggunaan­nya pun tidak sulit, “Nyalakan mesin, lalu setel fan AC dan suhu ke posisi paling full, kemudian tempatkan produk Swez yang sudah dipencet tombol katupnya di seputar avaporator AC, agar terisap ke dalam saluran AC,” terang pria yang pernah jadi trainer mekanik di Suzuki ini.

Lalu sobat keluar dari mobil dan tutup semua kaca jendela dan pintu selama kurang lebih 15 menitan, sampai produk ini isinya habis. Beres deh, setelah itu tinggal buka lagi semua kaca jendela selama kira-kira 5 menit, agar sisa-sisa kabut disinfekta­n hilang dalam kabin, baru deh mobil boleh digunakan.

Langkah ini selain bertujuan membunuh bakteri dan virus di ruang kabin, juga untuk membasmi bakteri dan virus yang ada dalam saluran AC, akibat terbawa oleh udara. O iya, produk Swez Instant Cabin Disinfecta­nt ini kata Sumarno di pasaran dijual sekitar Rp 80 ribuan.

Atau bisa juga pakai produk senada keluaran Bluechem dari Jerman, yakni Bluechem Klima Fresh, yang dibanderol sekitar Rp 150 ribuan. “Produk ini bukan hanya bisa membunuh kuman di interior mobil, juga sekaligus mengharumk­an ruangan karena wangi,” tukas Hendra Tjoa, Direktur PT Trioline Agung Perkasa, distributo­r Bluchem di Indonesia.

“Aman kok bila terhirup manusia, karena sudah mengantong­i setifikasi kesehatan di Eropa yang sangat ketat soal ini. Di Indonesia baru mau gue daftarin uji kelaikanny­a,” imbuh Hendra.

O iya, untuk disinfekta­n model fogging keluaran Bluechem ini, agar bisa tersedot ke dalam saluran AC secara optimal, Hendra menyaranka­n ada baiknya copot filter kabinnya terlebih dulu. Letak filter kabin ini yang biasanya ada di balik laci komparteme­n di dasbor.

Sekalian kalau filter kabinnya sudah terlalu kotor, ganti pakai yang punya fitur anti bacteria, banyak kok pilihannya di pasaran. Seperti keluaran Sakura, Denso, Ken dan sebagainya yang di online shop dijual mulai Rp 120 ribu – 160 ribuan. •

 ??  ??
 ??  ?? FOTO : IBNU/GRIDOTO
Boleh gunakan disinfekta­n model spray, yang pengaplika­siannya langsung disemprot ke dalam kabin
FOTO : IBNU/GRIDOTO Boleh gunakan disinfekta­n model spray, yang pengaplika­siannya langsung disemprot ke dalam kabin
 ??  ?? Apabila mendapati filter kabin sudah kotor, sekalian ganti dengan yang jenis anti bacteria. Banyak kok di pasaran!
Apabila mendapati filter kabin sudah kotor, sekalian ganti dengan yang jenis anti bacteria. Banyak kok di pasaran!
 ??  ??
 ??  ?? Bisa juga lewat boks filter kabin yang sudah dicabut filter kabinnya
Bisa juga lewat boks filter kabin yang sudah dicabut filter kabinnya
 ??  ?? Setel fan dan suhu AC di posisi paling mentok atau full, sebelum menggunaka­n disinfekta­n jenis fogging
Setel fan dan suhu AC di posisi paling mentok atau full, sebelum menggunaka­n disinfekta­n jenis fogging
 ??  ?? Tempatkan disinfekta­n jenis fogging di dekat evaporator di bawah dasbor kiri, agar tersedot ke dalam saluran AC
Tempatkan disinfekta­n jenis fogging di dekat evaporator di bawah dasbor kiri, agar tersedot ke dalam saluran AC

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia