Otomotif

PAJAK 0% DITOLAK, YES OR NO?

- R. PANJI MAULANA Editor in Chief panjioto@gmail.com

Walaupun belum ‘ketok palu’, namun Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati sudah menyatakan menolak usulan Menteri Perindustr­ian, Agus Gumiwang Kartasasmi­ta untuk membebaska­n pajak bagi pembelian mobil baru atau memberikan pajak mobil baru 0% bagi calon konsumen.

Pernyataan tersebut diutarakan saat video conference pada hari Senin pagi (19/10). Setidaknya saat ini, Kemenkeu tidak mempertimb­angkan untuk memberikan pajak mobil baru sebesar 0%

Sedih atau gembira? Sebagian besar dari Anda mungkin jadi galau di PHP-IN. Gatot (gagal total) dong, harapan punya mobil baru tanpa dikenakan pajak harus sirna?

Yaaa.. namanya juga baru usulan ya. Tapi ntar dulu! Ibu Bendahara

itu kan mengucapka­n “saat ini..” Artinya boleh jadi besok, minggu depan, bulan depan atau dua bulan lagi akan berbeda.

Nah, buat yang gembira, pasti Anda memikirkan gimana nasib mobil di rumah. Terutama berapa harganya kalau dijual nanti, pasti jatoh! Bukan begitu?

Dan berita ini pastinya menjadi kabar gembira buat para pedagang mobil bekas Tanah Air. Harga enggak drop dan peminat mobil seken dapat bergaiah lagi.

Selain itu, APM (Agen Pemegang Merek) mobil baru jadi punya kepastian. Karena dengan usulan tersebut tidak diputuskan berlarut-larut, otomatis konsumen menunda beli karena menunggu realisasi bebas pajak.

Mudah-mudahan dengan ucapan Ibu Menteri itu bisa menjadi kepastian ya. Ayo, jualan lagi enggak usah nunggu harapan palsu. •

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia