Otomotif

ANGIN AC KECIL & MULAI ENGGAK DINGIN

-

Siang Mas Dhika. Mohon bantuannya nih. Mobil mertua saya Toyota Avanza keluaran 2015, angin dari kisi-kisi Ac-nya kok sekarang seperti kurang kencang ya. Selain itu juga dinginnya sekarang juga agak kurang. Kira-kira apa yang penyebabny­a? Padahal mobil ini selalu rajin servis ke bengkel resmi.

Mohon pencerahan­nya, terima kasih sebelumnya Mas. Yusri - via messenger

Siang juga Mas Yusri. Mengenai embusan angin AC yang mulai kurang kencang, biasanya disebabkan oleh evaporator yang mulai banyak ditumpuki debu atau kotoran. Debu atau kotoran inilah yang menghambat laju embusan angin, sehingga Anda rasakan embusannya angin yang keluar dari kisi-kisi AC terasa kecil.

Kotoran yang menumpuk pada evaporator juga dapat membuat AC jadi kurang dingin. Bisa juga disebabkan oleh berkurangn­ya freon akibat terjadi kebocoran halus. Tapi untuk memastikan­nya, coba cek saluran AC mulai dari kompresor hingga evaporator. Jika terdapat

rembesan berwarna hitam kayak rembesan oli, tandanya memang telah terjadi kebocoran.

Namun jika tidak ada rembesan, mungkin saja karena faktor lain. Misalnya aliran freon tidak lancar akibat terjadi penyumbata­n pada salurannya. Nah, cara untuk mengatasi masalah ini, mau tak mau Mas Yursi mesti bawa mobilnya ke bengkel spesialis AC untuk dicek kondisi sistem Ac-nya. Sekaligus minta dibersihka­n evaporator yang kotor tadi berikut saluran udaranya.

Oiya sekadar informasi, biasanya servis di bengkel resmi, AC tidak masuk dalam items servis. Jadi, ada baiknya lakukan pemeriksaa­n AC ke bengkel spesialis AC, rutin minimal setiap jarak tempuh 20 ribu kilometer atau 1 tahun sekali. Karena pada jarak tempuh segitu, oli kompresor disarankan untuk diganti. Termasuk membersihk­an evaporator dan saluran udaranya.

 ??  ?? F.YOSI
F.YOSI

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia