Otomotif

SUDAH BIKIN GALAU, AKHIRNYA BATAL?

- Harryt

Kegalauan

nasional yang melanda pasar kendaraan baru, akibat menunggu- nunggu kebijakan relaksasi pajak kendaraan baru 0%. Akhirnya terkuak kabar penolakan dari Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati. Bahwasanya beliau menyebut tak akan membebaska­n pajak mobil baru.

ADIL

Setidaknya dalam waktu dekat, pihaknya belum berencana dan membahas lebih lanjut mengenai relaksasi pajak mobil baru. Seperti yang sebelumnya telah diusulkan industri otomotif, bersama Kementeria­n Perindustr­ian, yakni menghapus sementara pajak kendaraan untuk menggenjot penjualan otomotif yang terdampak pandemi Covid-19.

“Kita tidak mempertimb­angkan saat ini untuk memberikan pajak mobil baru sebesar 0% seperti yang disampaika­n industri dan Kementeria­n Perindustr­ian,” jelas Menkeu, melalui konferensi Pers APBN KITA edisi Oktober 2020, yang disiarkan lewat Youtube Kementeria­n Keuangan (19/10).

Ungkapan tersebut disampaika­n Menkeu lantaran industri otomotif dinilai sudah cukup banyak menerima insentif dari pemerintah.

Termasuk insentif perpajakan serta insentif kepada industri baik fiskal maupun nonfiskal.

“Kita akan mencoba memberikan dukungan-dukungan kepada sektor industri secara keseluruha­n melalui insentif-insentif yang kita sudah berikan,” ucap Sri Mulyani.

Lebih lanjut, Menkeu menyiratka­n pihaknya ingin berlaku adil dalam memberikan insentif kepada semua sektor. Termasuk kepada industri yang sangat tertekan akibat pandemi Covid-19.

“Setiap insentif yang kita berikan akan kita evaluasi lengkap, sehingga jangan sampai kita berikan insentif, di satu sisi berikan negatif ke kegiatan ekonomi yang lain,” terang Menkeu lebih lanjut.

Sebagai catatan, Kementeria­n Perindustr­ian telah mengajukan relaksasi sejumlah pajak untuk mendukung keringanan pembelian kendaraan. Antara lain pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPNBM) untuk mobil baru sebesar 0%, PPN, serta pajak daerah yang mencakup bea balik nama (BBN), pajak kendaraan bermotor (PKB), dan pajak progresif.

Walau begitu, Menkeu mengindika­sikan bakal mencari langkah lain untuk bisa tetap membantu sektor industri. Semoga saja langkah-langkah strategisn­ya bisa segera direalisas­ikan guna menyelamat­kan industri otomotif nasional. •

 ?? DOK. OTOMOTIF ??
DOK. OTOMOTIF
 ?? MURTI ALI LINGGA (KOMPAS) ??
MURTI ALI LINGGA (KOMPAS)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia