Otomotif

PENYAKIT KHAS & SOLUSI

-

Seperti kebanyakan motor 2 tak lainnya, Yamaha TZM 150 punya masalah pada sistem katupnya, tentu di bagian YPVS (Yamaha Power Valve System). “Jadi kondisi aki gak boleh drop, karena butuh daya buat gerakin servonya. Kalau aki lemah, takutnya servo YPVS rusak,” sebut Novi Nurhayadi, tuner dari bengkel Tristar Motor.

“Oli samping juga harus pakai yang bagus,” saran Wawan Setiawan dari bengkel WMC Racing di Pasar Minggu, Jaksel.

Kemudian pada YPVS ini ada juga yang mudah rusak, “Valve kupu-kupu yang dari tali servo ini gampang patah. Ini karena terbuat dari plastik,” sambung Nopoy sapaan akrab Novi.

Tapi seiring berjalanny­a umur, servo juga bisa mengalami kerusakan, tanda-tandanya ternyata mudah. “Dia kan fungsinya untuk membuka katup exhaust di rpm tinggi. Nah saat servo rusak, efeknya tergantung saat di posisi mana.”

“Kalau dia rusak saat posisi membuka bakal bikin putaran bawah ngok, kalau rusak pas posisi menutup mungkin putaran bawahnya enteng-enteng aja tapi pas buka gas rpm tinggi gak jalan,” jelas Tommy Patria pemilik bengkel Patria Techno.

Kalau sampai servo rusak, yang bikin repot adalah mencari spare partnya, “Unit motornya terbatas, akhirnya part juga terbatas. Kalau diservis kita gak tau seberapa kuat dan seberapa tahan dia bisa bekerja lagi,” ujarnya.

“Kalau part lain misal CDI mati sih masih bisa diakalin pakai RX-Z, karena sesama Yamaha biasanya gak terlalu sulit hampir sama, paling sedikit penyesuaia­n aja,” rinci Tommy yang bengkelnya ada di bilangan Depok, Jabar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia