Otomotif

BIAYA SERVIS, HARGA FAST MOVING & SUBSTITUSI PART

-

Dengan usia sekitar 22 tahun, TZM 150 tentu butuh perawatan ekstra agar performany­a tetap prima. Enaknya motor 2 tak, tidak terlalu banyak poin pengecekan layaknya motor 4 tak, fokusnya lebih pada karburator, YPVS dan kelistrika­n.

“Untuk servis kena Rp 100 ribu. Pengecekan­nya dari bersihin karburator, pengecekan busi, dan kelistrika­n pengisian,” sebut Nopoy yang bengkelnya ada di Jl. Manunggal Rambutan, Ciracas, Jaktim.

Sama dengan Nopoy, Tommy juga membandero­l biaya servis Rp 100-150 ribu untuk sekadar servis ringan dan Rp 250 ribuan untuk servis angkat blok di luar paking.

“Tapi karena motor ini udah tua, kebanyakan karbunya pada ‘ conge’, haha… Jadi karbu VM30SS pada mampet, bisa sih dibersihin tapi tenaganya gak sempurna. Kebanyakan sekalian ganti pakai karbu 34 mm karena intakenya udah gede,” sebutnya.

Karena spare partnya yang sulit ditemui, beberapa komponenny­a bisa substitusi dari beberapa tipe motor, “Kalau final gear yang depan kurang lebih kayak RX-Z, gir belakangny­a yang agak unik karena lubang girnya jauh dan ada 6 baut. Kampas rem depan kayak Scorpio lama yang 2 piston,” sambung Tommy yang masih aktif ngegas motor di sirkuit.

Beberapa part lain juga serupa dengan Scorpio nih, “Seal sok depan sama kayak Scorpio, soalnya diameter asnya 33 mm. Komstir juga kalau gak salah sama dengan Scorpio. Lainnya seal water pump sama kayak Yamaha Touch, model sealnya kecil kayak seal persneling,” tunjuk Nopoy.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia